Wednesday 11 January 2017

Acne Treatment di Dr. Kun Jayanata SpKK(K)

Postingan pertama di tahun 2017, sebenerya pengen ganti template blog tapi belom nemu yang pas jadi gue cerita tentang pengalaman gue ngobatin jerawat di Dr. Kun Jayanata SPKK(K). Gue sebenarnya memiliki tipe kulit sedikit berminyak dan kering di beberapa spot. Dari masih anak-anak sampe gue berumur 24 tahun gue nggak bermasalah sama yang namanya jerawat, paling tumbuh satu atau dua pas lagi dateng bulan. Celakanya tahun 2008 yang lalu gue terjebak salah satu produk kecantikan yang ternyata gak cocok buat gue padahal produk ini udah di pake turun temurun mulai dari nenek, budhe, nyokap dan tante-tante gue yang lainnya. 

Sejak tahun 2008 itu gue mulai bermasalah sama jerawat, akibat produk yang gue pakai jerawat-jerawat kecil mulai tumbuh di kedua pipi gue. Risih banget liat jerawat yang nampak merah dan berisi itu tangan jahil gue mulai gatel pengen pencet-pencet, alhasil jerawatnya pecah dan keesokan harinya tumbuh lagi satu, dua dan seterusnya memenuhi bagian pipi gue. Berbagai cara udah gue coba untuk menyamarkan bekas noda jerawat ini mulai dari cara tradisional memakai masker-maskeran yang gue buat sendiri sampai membeli produk-produk skincare lainnya dengan embel-embel bisa menghilangkan noda bekas jerawat dan membuat wajah cerah. Gimana hasilnya? agak-agak mengecewakan sih  bukannya sembuh malah jerawat gue tambah banyak. Lama-lama gue jadi bosan sendiri dan mulai cuek dengan masalah kulit wajah.

Selain korban produk kecantikan abal-abal lebih parahnya lagi gue juga korban ajaran sesat dokter kecantikan yang ikut berperan besar bikin lubang-lubang di pipi gue. Bermodal nekad gue mendatangi salah satu klinik dokter kecantikan di kota gue. Gue sadar yang namanya klinik kecantikan pasti biayanya mahal dan nggak bakal langsung sembuh hanya dalam satu kali pertemuan. Pertama kali terapi jerawat gue disedot abis-abisan, jangan tanya gimana rasanya yang jelas lebih sakit dari sakit gigi. Dua bulan pertama gue masih rajin datang ke klinik itu karena jerawat gue nampaknya sedikit memudar meskipun efeknya ada bekas lubang parutan disana-sini. 

Capek dengan berbagai pantangan yang nggak boleh dimakan saat proses penyembuhan akhirnya lama-lama gue nggak pernah datang lagi ke klinik itu. Oya gue juga capek ngeluarin duitnya bo' pertama kali datang ke klinik itu biaya yang gue keluarin sebesar 1,4 juta rupiah, tahun 2008 itu jumlah uang segitu bisa buat bayar cicilan motor gue dua bulan. Akhirnya gue capek sendiri sama yang namanya jerawat apalagi waktu kerja di Radio gue sering ditugasin meliput berita diluar, panas-panasan dan kena debu makin merana aja deh wajah gue.

Sampai akirnya gue nikah dan hijrah ke Jakarta, gue masih aja berjibaku dengan yang namanya jerawat hilang satu tumbuh sepuluh. Tiga tahun yang lalu Berbekal informasi dan pengalaman dari temen sepupu gue yang punya masalah jerawat parah, kulit wajahnya kembali kinclong berkat perawatan di Dr. Kun Jayanata. Dapet informasi itu gue nggak langsung mendatangi klinik dokter Kun, dari beberapa informasi yang gue denger juga hasil browsing di internet tentang  Dr. Kun bikin gue nyerah duluan sebelum memutuskan dateng ke praktek Dr. kun ini.  

Adalah masalah pendaftarannya yang terbilang ekstrem dan antimaenstream banget. Jadi untuk bisa jadi pasien dokter Kun kita musti daftar subuh kira-kira pukul 5 pagi meskipun gerbang belum dibuka. Kalo lewat pukul 6 pagi udah nggak kebagian nomor antrian.  Sistem antriannya adalah dengan mencatat nomer, nama, dan nomor telepon kita  di kertas yang disediakan. Gue baca-baca di forum daily motion bahkan banyak pasien yang dateng dari luar jakarta rela ngantri dari subuh demi bisa jadi pasien dokter yang fenomenal dikalangan orang-orang berjerawat ini. Kalo udah berhasil daftar di pagi hari nantinya kita di atur jam berapa ketemu sama dokternya bisa itu siang atau bahkan malam hari, pengalaman adik sepupu gue berhasil daftar setelah subuh dan janji ketemu dokternya jam 11 malem. dokter mana coba yang masih buka praktek di jam segitu bahkan ada yang sampe jam setengah dua malem loh.

Tadinya udah mau nyerah aja kalo mesti ngantri dari subuh dan ketemu dokternya malam hari rasanya agak-agak berat walaupun tempat praktek dokternya terbilang cukup dekat dari rumah bisa naik gojek 30 menit sampe. apalagi banyak yang bilang suka nggak dapet nomor antrian padahal udah dateng dari pagi. Dan ternyata sejak Februari lalu pendaftaran hanya bisa dilakukan via telepon H-7 untuk menghindari para calo jadi nggak harus ngantri dari subuh lagi untuk jadi pasien Dr. Kun. pendaftaran via telepon hanya bisa dilakukan pada setiap hari senin aja mulai pukul delapan pagi sampai pukul delapan malam. bila berhasil mendaftar lewat telepon nanti kita langsung di bikin jadwal ketemu dokternya pada hari dan jam berapa 7 hari kemudian.


penampakan klinik Dr. Kun dari luar


Bagian dalam klinik Dr. Kun


Bulan Mei 2015 kemarin akhirnya gue bisa mendatangi klinik dokter Kun, tentunya dengan proses pendaftaran yang sedikit rumit. Oya proses daftar lewat telepon juga susah loh. Jadi pengalaman gue kemarin gue coba reservasi lewat telpon, dari pagi gue coba nelpon tapi sibuk terus gue coba lagi berulang-ulang karena kata sepupu gue telpon aja terus sampe di angkat. Akhirnya sekitar pukul 5 sore tersambung telpon gue cuma di reject terus dari sananya. Gue redial lagi di angkat tapi kemudian di tutup lagi. Pantang menyerah gue telpon terus pokoknya hari itu mungkin gue nelpon bisa sampai 50 kali sekitar pukul 6 sore akhirnya telpon gue dijawab. Terdengar dari ujung sana suara embak-embak yang melayani pendaftaran via telpon,  gue di jadwalkan bertemu Dr. Kun tanggal 1 Juni pukul 11.30 wib. Lega banget akhirnya sekian lama maju mundur pengen ke Dr. Kun bisa kesampaian juga.


Kartu pasien Dr. Kun


Ditemani suami dan raheesa, alhamdulillah gue nggak harus mengantri lama, daftar ulang di CS nggak lama kemudian gue dipanggil masuk ke ruangan dokter Kun. Oya beda dengan dokter lain konsultasinya rame-rame loh, jadi satu ruangan ada 8 orang pasien, kita konsultasinya juga nggak lama kira-kira 10 menit secara antrian. Pada kunjungan pertama, Dr. Kun akan memperlihatkan beberapa foto referensi dan menjelaskan beberapa hal, antara lain :

  • Facial diharamkan selama proses penyembuhan. karena facial bisa memicu pertumbuhan jerawat. Ia menjelaskan bahwa pori-pori yang besar dan luka yang dihasilkan facial tidak bisa hilang sekalipun wajah nantinya akan mulus. Ia juga  memperlihatkan perbandingan foto pasien antara yang pernah facial dan yang tidak dimana yang tidak pernah facial lebih cepat penyembuhannya. Pemencetan jerawat sendiri juga tidak diperbolehkan. Selain itu kita dianjurkan rajin-rajin mencuci wajah dengan sabun, bisa pakai sabun apa saja yang cocok dengan kulit wajah kita. Jadi dia nggak mengharuskan kita membeli facial wash dari kliniknya.
  • Nggak diperbolehkan menggunakan produk yang mengandung Tea Tree Oil
  • Untuk yang mau kulitnya lebih cerah, tidak perlu melakukan suntik vitamin C. Dosis yang banyak melebihi kebutuhan harian tubuh pada akhirnya sisanya akan terbuang melalui air seni. Jadi lebih baik mengkonsumsi vitamin C dari asupan makanan dan lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan penggunaan sunblock diperbolehkan menggunakan make up
  • Konsumsi vitamin E seperti suplemen yang beredar di pasaran juga lebih baik dihindari karena akan semakin menambah kadar minyak dan mendukung munculnya jerawat. Lebih baik vitamin yang alami seperti dari buah-buahan atau sayur-sayuran.
  • nggak ada pantangan untuk makanan, termasuk kacang yang biasanya dihindari. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih 1,5 - 2 liter air setiap harinya. 
  • Pasien nggak diharuskan setiap bulan datang untuk menemui Dr. Kun. Ia justru menganjurkan jika perlu aja, atau minimal 4-6 bulan sekali.
Setelah  Dr. Kun mengecek kondisi kulit gue, Menurutnya jerawat gue udah nggak parah, karena hanya tumbuh satu atau dua jadi gue cuma fokus mencerahkan wajah dan ngilangin flek hitam serta noda bekas jerawat meskipun lobang bekas jerawat di pipi gue nggak bisa hilang kecuali dengan tindakan laser.


Resep obat jerawat Dr. Kun




Nggak seperti praktek dokter lain resep obat di Dr. kun ini terbilang murah dibandingkan dengan klinik kecantikan lainnya yang mengharuskan pasiennya kontrol satu bulan sekali tentunya dengan biaya yang aduhai banget, keluar perawatan kantong ikut jejeritan histeris. Banyak testimoni yang mengatakan puas setelah menjadi pasien Dr. Kun, rata-rata bilang jerawat mereka hilang dan gak tumbuh lagi. Banyak juga yang bilang mereka cocok dengan resep yang di berikan. Untuk masalah jerawat gue Dr. Kun ngasih resep obat minum jerawat (Roacutane) untuk 30 hari yang harus dikonsumsi minimal 8 bulan s/d 1 tahun pemakaian, cream pemutih I, cream pemutih II, tabir surya II, dan cream jerawat III. Jadi total biaya keseluruhan yang gue keluarin berikut biaya konsultasi dokternya sebesar Rp. 875.000,-.

Oya berikut ini penampakan kulit wajah gue setelah enam bulan pemakaian cream dari dokter Kun. Sayangnya gue nggak punya poto ketika jerawat gue parah-parahnya jadi nggak ada bahan perbandingan. Untuk obat minumnya gue cuma konsumsi di satu bulan pertama, karena gue punya rencana untuk hamil lagi jadi gue stop dulu untuk konsumsi obat jerawatnya. Perlahan-lahan kulit wajah gue jadi halus dan kenyal serta komedo  berkurang. Jerawat gue juga hilang paling hanya muncul satu atau dua saat dateng bulan doang. 




setelah 6 bulan pemakaian


So far, gue puas banget sih dengan resep dokter Kun ini, selain jerawat gue nggak muncul-muncul lagi kulit wajah gue juga makin cerah, flek hitam makin memudar, pori-pori mengecil dan tentunya kulit gue nggak berminyak lagi. 



(bare face : udah nggak ada jerawat yang muncul, noda jerawat hilang hanya tinggal bekas lobang jerawat)


Sampai sekarang gue masih terusin pemakain cream pemutih I dan cream pemutih II saat siang dan malam serta tabir surya pas lagi aktivitas di luar ruangan. Harusnya bulan ini gue konsul lagi, karena udah lebih dari 6 bulan. Mungkin selanjutnya gue fokus nutupin lobang bekas jerawat dan rasa-rasanya pengen nyobain lasernya kalo nggak mahal :).


Oya bagi yang punya masalah dengan jerawat, klinik dokter Kun ini recomended banget loh,  untuk memesan resepnya kita nggak usah repot-repot ngantri di klimik, karena bisa pesan via Go-Mart dan via JNE untuk yang di luar jakarta. Dokternya sangat friendly dan sabar banget ketika kita ngajuin pertanyaan, semoga Beliau panjang umur ya, agar yang punya masalah jerawat bisa diobatin :).


51 comments:

  1. Aaaaaaahhh keren yaaaaaaaaa..
    Muka lo jadi kinclong gitu, Tar. Biayanya juga masih masuk akal, nggak semahal klinik2 yg gue tau.
    Gue seumur idup baru satu kali facial. Abis itu ngambek nggak mo lagi, wkwkwkwk..
    Btw, ada rencana mau hamil lagi? Ciyeeeeeee.. semoga segera ya ^^

    ReplyDelete
  2. Nah...Baru bisa komen...

    Pengen nitippp doonkkk cream pemutihnyaaaaaaa Taaaarrrrrr

    ReplyDelete
  3. Angin seger beud ini postingannya. Pencerahannya mantab, baru tau klo mesti dftr sjk 7 hri sblumnya. Kebayang sia2nya klo kmrin jadi flight. Tengs eniwei, salam kenal

    ReplyDelete
  4. Wahhh TQ bunda infonya, tp terlambat sdh ke Dr Rudy yg di RS royal, mana skrg tarif Mahal bgt...Huhu (meski lbh murah daripada ke klinik2 kecantikan)
    Bunda msh minum obat roaaccutene nya ?

    ReplyDelete
  5. Aku gak pernah di angkat, sedih banget. Sampe aku cuti kerja biar bisa telpon hari ini selasa. Oiya apa cuma hari senin aja ya tlpnya?

    ReplyDelete
  6. mba, pas pertama kali pakai krim pemutih 1 mukanya merah ga?

    ReplyDelete
  7. bener banget Buunn aku Di dr kun Udh dari Januari 2016 Jerawat bay...gak numbuh lg.

    ReplyDelete
  8. Mba aku mau nanya jadi kalau mau daftar dokter kun cuma bisa hari senin aja? Gabisa hari lain? Dan itu pasti kontrol nya H+7 nelpon kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya, iya cuma Senin aja, kalau senin nya libur di buka nya hari selasa.
      Kontrol nya pasti H+7 nanti di tanya mau jadwal di hari apa, kalau di hari yang kita mau tapi sudah full booked biasanya di alihkan ke hari lain.
      Saran, pulsa nya harus memadai ya, sayang kan kalau udah tlp belum sempat dapet jadwal udah mati tlp nya. hehehe semoga membantu

      Delete
  9. Mba mau nanya dong, aku rencananya mau ke dr kun, kalo mau konsul sekarang bisa langsung apa harus via telp mba ? Kalo via telp nomernya berapa ya, makasih ya sebelumnya mba☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya, disana cuma bisa via telp saja. takutnya nanti kesana di tolak. kalau sudah terdaftar disana jangan cancel ya, karena akan kena blacklist, (kecuali konfirmasi H-1 nya kalau sakit atau cancel). untuk tlp memang harus sabar, Alhamdulillah aku dapet terus walaupun susah masuknya. Tlp aja terus sampai di angkat. semoga membantu.
      No Tlp nya : (021)72787519/ (021) 72787518

      Delete
  10. Misi mau nannya kalo kesana pengen daftar buat nentuin jadwal konsultasi bisa ga ? Ap cuma lewat telpon saja ? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya, disana cuma bisa via telp saja. takutnya nanti kesana di tolak. kalau sudah terdaftar disana jangan cancel ya, karena akan kena blacklist, (kecuali konfirmasi H-1 nya kalau sakit atau cancel). untuk tlp memang harus sabar, Alhamdulillah aku dapet terus walaupun susah masuknya. Tlp aja terus sampai di angkat. semoga membantu

      Delete
    2. Ass mau tanya nh ..utk konsultasi ny sndri brp yah .??d luar harga krim maksd saya

      Delete
  11. Thanks kaka buat postnya ;)
    Ak nyobain nelpon untk reservasi dari pagi smpai mlm pernah ga di angkat,, trus pernah nelpon di hari rabu di angkat tapi ga bisa reservasi karna reservasi hanya bisa di hari "SENIN" dan cm bisa by phone
    hari ini iseng nelpon eh di angkat, trus bisa reserv alhamdulillah, mungkin karena senin kmaren libur ya
    \(^_^)/
    Janji konsul bisanya awal mei tanggal 4,,
    Ga sabar (>,<)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous,

      mau tanya dong, waktu kamu telfon kesana untuk daftar itu nyobanya berapa kali sampai diangkat telfonnya dan jam berapa?

      makasih sebelumnya

      Delete
    2. untuk tlp memang harus sabar, Alhamdulillah aku dapet terus walaupun susah masuknya. Tlp aja terus sampai di angkat. semoga membantu

      Delete
  12. mau nanya.. kenapa ya tidak diperbolehkan menggunakan produk yang mengandung tea tree oil? terima kasih :)

    ReplyDelete
  13. Permisi mau nanya.. Kalo konsultasi jarak jauh, dan prmesanan krem saja bisa ndak yaa?? Soal'y saya luar jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya. Kalau konsul pertama kali harus datang ke klinik dr.Kun. Namun untuk pembelian obat/krim selanjutnya bisa via WA/sms yang akan dikirim via JNE

      Delete
    2. Bantu jawab ya. Kalau konsul pertama kali harus datang ke klinik dr.Kun. Namun untuk pembelian obat/krim selanjutnya bisa via WA/sms yang akan dikirim via JNE

      Delete
  14. Maaf bleh nnya mng gk bsa ya klo dteng lngsung cznya sya dh brulang kli von gk diangkt2 😢😢sran donk. Sya hrus bgaimna?

    ReplyDelete
  15. Well, boleh juga nih. Adik sy juga ada problem jerawat. Mungkin bisa cocok sm DR kun, nice info

    bulan pada bumi datar | Microsoft Bisnis Kecil

    ReplyDelete
  16. hii salam kenal.. aku pakai dr kun br 2 minggu.. mau tanya kalau pakai krim jerawat 2 kalian pada perih gak sih aku kok perih yah.. trs ini ud 2 minggu jerawat muncul gitu ada nanah juga kalian gitu juga gak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, kl pake kun emg jerawatnya dikeluarin semua, itu normal kok, namanya proses purging

      Delete
    2. seip okok tq ya buat reply nya..btw ada yang tau kalau krim buat ilangin merah" apa yah.. aku sekarang ud ga ada jerawat aktif cuman muka merah" banget..

      Delete
  17. Hi sis, aku kelupaan beli krim dokter jun sedangkan 2 mg ini mau keluar kota dan aku gak ada krim pemutih 1 sama sekali. Adakah yg msh pny stock? Butuh bgt nih.

    ReplyDelete
  18. Mau tanya, dokter Kun hanya utk pasien yg berjerawat ya? Kalo cuma mau ilangin flek dan mengencangkan kulit bisa gk?

    ReplyDelete
  19. Halo, mau tanya itu pemakaian krim klo berenti stelah beberapa bulan biasanya kumat lg ga? Krimnya ketergantungan jg ga? Dan klo gak minum obat roaccutene nti gmn ya soalny aq mau ad rencana nikah dan pgn hamil sgja pengen ke dr.kun biar kinclong pas hr H. Tlg di jwb ya mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bantu jawab yah, soalnya adik aku juga pernah stop minum obat roaccutene itu, minyak nya muncul - muncul di muka dia.
      Kalau aku yg baru pertama kali consume, kulit muka kelupas2 kering rasanya berkerak.

      Delete
  20. Ada kah yg bersedia memberikan no tlp. Ak mau tanya tanya soal dr kun.

    ReplyDelete
  21. kaa untuk creamnya sudah ada bpomnya belum ??
    kaka pake facial wash dr kun jg ato gimana

    ReplyDelete
  22. Misi.. Jadwal tlp buat nlp dr kun nya jam brp ya.. Soalnya sibuk mulu nonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya, coba aja di telpon sekitar jam makan siang mbak. Eamng butuh perjuangan sih untuk bisa tlp kesana :)
      Semangat ya mbak :)

      Delete
  23. kakk aku juga pake dr.kun tp setelah hampir setaun ko bekas jerawat ku gailang ilang yaa dan jadi kaya rada bopeng gt,kaka juga gt ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya,tergantung cocok2an di kulit kita masing - masing juga sis

      Delete
  24. Mba mau nanya donk pas pake obat roacutane itu, denger" jerawat jd pd muncul semua dulu selama 3-4bln, bener ga mba? Aku pgn bgt k dr kun tp takut saat" purgingnya itu serem, jerawat yg skg aja udh serem gmn klo jerawat semuka" penuh😭, mohon pencerahannya ya mba, thx u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, masa purgingnya itu tergantung sama tingkat parahnya masalah kulitmu aja. Tapi itu gapapa kok, keluar di awal nanti ujung2nya kan bersih :)

      Delete
  25. dr kun hari sabtu praktek ga ya?

    ReplyDelete
  26. Setiap searching selalu ketemu dr.kun. pengen nyoba kesana tapi jauh banget ;( udah gatahan liat muka ancur gini ;(

    ReplyDelete
  27. Setiap searching selalu ketemu dr.kun. pengen nyoba kesana tapi jauh banget ;( udah gatahan liat muka ancur gini ;(

    ReplyDelete
  28. Setiap searching selalu ketemu dr.kun. pengen nyoba kesana tapi jauh banget ;( udah gatahan liat muka ancur gini ;(

    ReplyDelete
  29. harga untuk pertama konsul brapa ka?
    berarti di dr Kun gak ada facial atau pelin gt ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga terakahir
      Rp 350,000 / konsultasi
      kalau obat2 krim kisaran Rp 45 - 55 ribu
      kalau obat minum nya Rp 210,000 / botol (cukup sebulan)

      Delete
  30. di klinik tempatku juga ditanganin sama dokter spkk tapi kok malah selalu dipaksa buat facial ya mbk :( aku sih emang gak suka facial soalnya bikin wajah perih-perih dan malah merah banget..... jadi pengen ke dokter kun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Timy,

      Kebetulan aku baru hari Sabtu lalu ke dr.kun, setelah reservasi H-10.
      Dokter Kun sangat tdk merekomendasikan untuk facial, beliau bilang udah di sakitin bayar lagi, bekas nya se-umur hidup.
      Dan aku memang korban dr facial2 gitu di klinik2 and salon2 kecantikan.
      Saranku, Tim kamu dateng ke Dr Kun deh konsultasi. :)

      Delete
  31. Hai kak, mau nanya nih..
    Kira kira setelah minum obat minimal 8 bulan smpe 1 thn itu setelah udh ga minum apa bakal keluar lagi jerawat nya?
    Thanks ka

    ReplyDelete
  32. bu mau tnya donk step pake cream pemutih ny gimana ya? aku prnah k dokter kun cuma ga prnah balik, jadi ga tau ad cream pemutih buat ilangin bekas jerawatnya. dlu cuma dkasih obat jerawat, krim jerawat, malam, pagi n sunblock nya aja. thanks

    ReplyDelete
  33. Hai kaka cantik, aku mau nanya itu dosis nya makin lama makin berkurang ga yaa, klo iya jd brp hr skali tuh?? Thanks ka

    ReplyDelete
  34. Hai kaka cantik, aku mau nanya itu dosis nya makin lama makin berkurang ga yaa, klo iya jd brp hr skali tuh?? Thanks ka

    ReplyDelete
  35. penasaran sih sama perawatan disini, makasih ya sis informasinya.

    ReplyDelete