Saturday 28 May 2016

Aturan Main Instagram



Gue adalah salah satu pengguna sosial media instagram yang cukup dibilang aktif memposting foto, dalam sehari gue bisa beberapa kali membuka akun IG gue sekedar untuk melihat aktifitas orang-orang yang gue follow atau sekedar kepoin akun instagram artis-artis Korea favorit gue. Di banding jejaring sosial yang lainnya seperti facebook atau path rasanya gue lebih nyaman beraktifitas di instagram karena gue senang melihat foto-foto yang di bagikan orang lain di akun instagram mereka. Selain itu gue juga senang mengambil foto, menerapkan filter digital dan membagikannya ke jejaring sosial lainnya secara sekaligus lewat instagram. Biasanya gue lebih sering posting foto makanan ketimbang foto selfie karena akhir-akhir ini gue suka banget nyobain resep-resep hasil stalking gue di grup memasak. Karena hobi baru ini gue kepikiran bikin akun baru khusus untuk foto dan resep-resep hasil uji coba gue dalam akun khusus semacam cooking diary gitu. 

Sekian lama bermain instagram gue baru tau ternyata banyak aturan main yang harus diperhatikan oleh kita pemilik akun IG, jadi nggak sekedar posting, ngelike, follow-unfollow atau kirim komentar aja ternyata ada beberapa hal yang gak boleh sering dilakukan di akun instagram kita dalam satu waktu. Gue baru tau karena gue ngalamin sendiri pas bikin akun instagram yang baru saking semangatnya gue langsung ngefollow banyak akun yang berhubungan dengan makanan atau masak-memasak. Dalam waktu yang sama juga gue terus-terusan memposting foto-foto makanan dari akun gue yang lama sampai muncullah peringatan kalau foto yang gue posting nggak bisa tersimpan, begitupun juga caption yang gue buat nggak muncul dalam foto yang gue posting. Berulang-ulang gue coba hapus trus posting lagi sampai gue uninstall instagram gue tetep aja nggak bisa. Ternyata setelah gue searching di google gue baru tau kalau akun gue di banned sama instagram.

Gue baru kali ini ngalamin hal semacam ini setelah tiga hari baru akun IG gue ini bisa di pake secara normal. Gilaa... tiga hari akun gue di banned nggak boleh melakukan aktifitas di jejaring sosial besutan Kevin Systrom ini.  Setelah gue pelajari ada beberapa batasan-batasan di instagram yang nggak boleh kita lakukan. Asumsi gue pihak instagram men-suspend akun gue karena gue melakukan secara bersamaan dan berulang-ulang posting, like dan memfollow akun lain dalam satu waktu. Lalu bagaimana dengan akun-akun onlineshop itu ya? biasanya kan mereka suka posting banyak foto baru di akun jualan mereka.  Berikut ini beberapa batasan-batasan yang ada di instagram yang gue dapet dari blog Jenns Trends


  • Gue emang jarang nulis caption yang panjang di setiap foto yang gue posting, namun beda cerita kalau untuk foto makanan yang gue share karena gue mencantumkan resep dan cara memasaknya pasti bakal panjang captionnya. Ternyata maksimum jumlah karakter caption yang diijinkan di instagramn adalah 2200 karakter.
  • Nggak ada batasan jumlah followers yang boleh memfollow akun IG kita, tetapi ada batasan untuk jumlah following. Jumlah following  atau akun yang bisa kita follow adalah 7500. Kita juga nggak boleh follow lebih dari 20 orang sekaligus dalam 1 jam.
  • Kita nggak boleh melakukan like di instagram lebih dari 350 kali dalam 1 jam karena nanti dianggap spam.
  • Kadang orang memposting sebuah foto dengan banyak hashtag, agak terganggu sih apalagi foto yang di posting nggak nyambung sama hashtag yang dibuat. Beberapa kali gue menemukan foto-foto yang seperti itu, foto dari akun sebuah online shop jualan jilbab tapi hashtag nya #descendantofthesuun dan #songjoongki hubungannya apa coba!. Untuk hashtag juga ternyata ada aturan mainnya kita nggak boleh menulis lebih dari 30 hashtag dalam satu posting. Jumlah hashtag maksimal instagram adalah 30, tapi ada baiknya jangan terlalu banyak hashtag biar posting terlihat lebih elegan.
  • Untuk masalah regram atau repost,  biasanya gue suka banget regran foto-foto artis Korea di IG gue. Yang harus kita perhatikan ketika kita melakukan regram atau repost foto milik orang lain, pastikan kita menyertai watermark sumber foto dan link asal foto tersebut dalam caption.
  • kita juga nggak boleh terlalu super aktif di instagram, biar nggak dikira bot/robot. meskipun kita nggak melampaui batas-batas seperti yang gue sebutkan diatas, pihak instagram bisa aja memblokir atau ngebanned akun IG kita bila kita terlalu autis dan aktif di instagram, artinya keaktifan kita melebihi orang normal pada umumnya.

Baiknya  posting poto maksimal 1 foto tiap satu jam dan nggak lebih dari 5 foto perhari agar akun IG kita nggak di suspend sama instagram, selain itu biar akun IG lebih terlihat elegan dan nggak di unfollow sama followers yang mungkin risih timeline mereka dipenuhi sama foto kita.


21 comments:

  1. Nah.. saya malah suka nabung foto.. padahal kadang dalam sehari punya banyak foto yang instagramable, paling unggah 1 aja, sisanya kalau rajin.. hehe

    ReplyDelete
  2. saya tidak ounya akun instagram, kalau punya mungkin udah uploud banyak foto. :-D

    ReplyDelete
  3. kalau IG ga bisa ngeunfollback itu karena apa ya? Apa gara2 terlalu sering mengunfoll akun lain?
    bila tau solusinya mohonn share. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nah, gua baru buat account instagram nih ceritanya.
    Dan gua tuh gak bisa tag orang, sebelumnya waktu masih edit caption lalu tag orang itu bisa, namun ketika gua posting dan refresh tag yang gua cantumin itu hilang atau gak ada. Kenapa ya? Udah coba banyak cara dari hapus cache, data aplikasinya, uninstall instagram, buka pakai handphone teman, tetep gak bisa. Yang buat aneh account gua yang lain itu bisa. Butuh jawabannya nih, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu pernah melakukan sesuatu yg dianggap spam oleh instagram :)

      Delete
  6. Kenapa ya saya tidak bisa melihat postingan akun instagram yg lain, padahal jumlah postingannya itu sudah banyak

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Knp ya kalau saya upload bisa tapi ga muncul di timeline saya sendiri. Tapi di FB ttp muncul postingan saya di instagram. Ada solusi?

    ReplyDelete
  9. Knp tidak bisa tag foto ke orang lbh dari 4 ya? Tiap tambah tag, selalu kembali ke jumlah tag 4 orang. Gmn caranya biar bisa tag ke orang lbh dr 4? Thanks

    ReplyDelete
  10. Follow ya @dian_nurulsafitri

    ReplyDelete
  11. Follow ya @dian_nurulsafitri

    ReplyDelete
  12. Kalau delete postingan IG berapa ya mas ?

    ReplyDelete
  13. Saya bingung kalau delete post tertunda

    ReplyDelete