Tuesday 23 February 2010

hai hai.. i’m back

Hai semuanya, ini saya, Tary, yang sudah lama mengabaikan Blog ini, wow.. lama banget blog ini seperti terbengkalai ya, saya punya kegiatan lain yang membuat saya mengabaikan blog ini.

wow. yep, wow. sumpah tadinya saya kira saking lamanya saya vakum, nggak update dan Blogwalking, pasti Blog saya akan sepi nggak ada temen yang ngunjungin, ternyata masih ada ya? owh… ternyata … temen-temen sangat baik, makanya saya jadi semangat untuk update postingan.

kata pepatah juga jangan pernah menunda. semakin ditunda sesuatu, semakin males. semakin lama saya nggak nulis di sini, semakin ilang pula ide cerita yang pengen saya tulis.

Maklum, saya lagi fokus sama kerjaan beberapa hari kemarin, dan sekarang saya sudah kembali lagi siap bikin reportase perjalanan saya ke Pulau belitong. Banyak hal menarik yang saya alamin, bareng temen-temen jurnalis lainya, perjalanan ke Belitong kali ini lebih berkesan, sayangnya karena saya bekerja di media radio jadi saya tidak banyak mengabadikan moment-moment ini dalam bentuk gambar.

4 hari di Pulau Belitong memang di tugasin buat meliput Festival calamoa 2010, banyak yang bertanya apa sih calamoa???
saya jelasin disini, calamoa adalah sebuah pulau kecil yang terletak persis di Pantai Tanjung pendam Belitung.
Calamoa diambil dari nama kuala yang berarti pertemuan muara sungai dan laut dan "moa" yang berarti makam suku Sawang.

Versi lain adalah Calamoa berasal dari bahasa Arab yaitu Karomah yang berarti keistimewaan dan Calamoa adalah wujud keharmonisan di Pulau Belitung.
Di pulau kecil ini terdapat makam seorang suku Sawang, sebuah makam atau petilasan, tempat semedi dan bermeditasi seorang syeik penyebar agama Islam di Belitung bernama Syeikh Yusuf.

Selain itu juga ada makam seorang tionghoa yang terus digali identitasnya, ada Klenteng Naga laut, serta banyak umat Hindu yang datang beribadah.

Calamoa sebuah wujud yang sebenarnya yang mewakili warna warni keberagaman suku, agama, ras, maupun golongan di Belitung namun tetap harmonis.

Hal itulah yang menjadi dasar Yayasan Cinta Belitung mengadakan festival Calamoa 2010 dengan tema "Pelangi Tanpa Awan" yang berarti kebersamaan tanpa kepura puraan, tanpa sekat dan murni sebuah keharmonisan.

Calamoa sebagai simbol Pulau Belitung dan menjadikannya sebagai tujuan wisata religi bagi Indonesia maupun dunia Internasional. "Calamoa ibarat sepasang kekasih dengan pantai Tanjung pendam, tak indah rasanya tanpa Calamoa dipandang mata.


ini dia pulau Calamoa itu...

Pemerintah Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung (Babel) menjadikan Pulau Calamoa sebagai tujuan wisata religi dan sebagai simbol Pulau Belitung, makanya diadakan festival Calamoa 2010. Dan rencananya di Pulau calamoa ini akan dibangun pagoda bertingkat 7 namun rencana ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Belitung, dan hingga saat ini rencana pembangunan itu hanya berupa wacana saja.

Festival calamoa 2010 ini sangat meriah banyak seni dan budaya daerah yang ditampilkan diantaranya atraksi naga juara indonesia, atraksi barongsai nusantara yang diikuti 8 propinsi, konser master kecapi, atraksi shaolin dan wushu, serta kesenian daerah lainnya seperti reog bali,lomba dayung, catur gajah, dan masih banyak lagi. masyarakat Belitong sangat antusias sekali menyaksikan festival ini,meskipun 3 hari berturut-turut Pulau belitong di guyur hujan yang sangat lebat, namun tidak mengurangi antusias mereka untuk menyaksikan berbagai atraksi yang ditampilkan.

anyway, tidak ada perkembangan berarti dalam hidup saya, selain pengalaman baru yang mengesankan, sempet juga berkunjung ke Manggar, dimana kota Manggar ini mempunyai ciri khas kedai kopi nya, dimana-mana di kota Manggar di penuhi dengan kedai-kedai kopi dan kopi yang di sajikan pun memang bener-bener nikmat, asli saya yang anti banget sama kopi jadi kepengen nyoba dan memang terbukti rasa dan aroma kopi memang beda banget.

Selain itu sempet juga ke Gantong, ke sekolahan Lintang tempet syutingnya laskar pelangi. Selain itu singgah juga ke daerah perbukitan di Manggar nama temnpat ini Bukit Samak, kalau pernah ke Daerah Lembang Bandung, tempat ini hampir mirip dech, bedanya bukit ini langsung berhadapan dengan laut lepas, saya betah banget berlama-lama disini selain tempatnya yang sejuk dan dingin, di daerah ini juga dipenuhi dengan rumah warga khas banget dengan bangunan kuno seperti bangunan rumah belanda jaman dahulu. dikomplek Bukit Samak ini juga terdapat villa pejabat, rumah Bupati dan juga Rumah Kapolres, naik lagi sedikit ke atas Bukit, disana ada objek wisata berupa Hotel dengan nama A1, keren banget dech pokoknya pemandangan diatas dengan lereng bukit yang berliku dan di depannya hamparan laut terbentang. kalau ada kesempatan mengunjungi Pulau Belitung, jangan lupa untuk mampir ke Daerah ini.

ini beberapa photo yang diabadikan teman-teman saya:









ini laporan reportase saya selengkapnya dari Belitung, dan pastinya saya senang sekali sudah bisa kembali Blogwalking dan berkunjung ke Blog temen-temen.

50 comments:

  1. Wah..., kalau blogger oleh-olehnya memang foto dan reportase biasanya :)

    ReplyDelete
  2. yah segini aja,photonya seadanya saja, dari kamera mau di upload semua sebenernya, tapi butuh waktu berjam-jam karena koneksinya lambat banget, dari pada nungguin ngupload photo ampe berjam-jam mendingan BW aja, kangen udah lama nggak berkunjung.

    ReplyDelete
  3. gantong itu di mana yah?
    yang saya tau gentong.
    hihihi.. :D

    ReplyDelete
  4. weeww.. indah bgt ya.. ;) wah. udh nyampe SD muhammadiyah belitung ya.. sejarah laskar pelangi cuy.. weeww.. pasti lo bakal tertular semangat yg pantang menyerah.. hehe.. btw oleh2 mana ya??? :mrgreen:

    ReplyDelete
  5. SD Muhammadyah Gantong..???
    jadi inget fiLm Laskar PeLangi...

    ReplyDelete
  6. dah balek ya.
    pulau Calamoa di situ sepertinya kecil. ada berapa KK ya di situ? Air nya tawar? maksudnya bisa bikin sumur atau harus ngambil dari pulau lain?
    (di wil kerjaku dulu, ada yang harus ngambil di pulau lain)

    ReplyDelete
  7. waaaa saya berencana pergi kesana pengen hunting di batu2 raksasa itu :)
    tapi ntah kapan ini

    ReplyDelete
  8. Pulau yg indah, kayak The Lost Island aja... jadi iri pengen ke sana.. :D
    Welcome Back deh... :)

    ReplyDelete
  9. hai hai Tary... kamu telah kembali
    Calamoa... nama yang indah
    pengen juga menginjakkan kaki di pulau Calamoa..

    ntar kalo aku ke sama... temanin ya Tary.. hehe

    ReplyDelete
  10. Mba... oleh-olehnya dibawain gak ya???

    ReplyDelete
  11. Seru banget jalan2nya :)
    What?? dibangun pagoda??
    Saya nggak setuju!!
    Hehe... apa hubungannya :mrgreen:

    ReplyDelete
  12. Yuhuhuuuuu. . . .

    How are U kka,,?

    Lama tak jumpa,?

    ReplyDelete
  13. Ketemu Bu Muslimah ngga Tar? :)

    ReplyDelete
  14. wa..... kaya kenal foto sd muhammadiyah di atas. mantap3x...mau juga dong ke sana :)

    ReplyDelete
  15. hai...hai.. i'm back for comment this blog....
    ke belitong yap...ingat laskar pelangi jga :) walo photo cuma dikit tpi kerenlah...

    ReplyDelete
  16. gantong itu nama tempat, heheh bukan gentong ya

    ReplyDelete
  17. iya indah banget dech pokoknya, nggak nyangka juga gw bisa nyampe SD ini.

    ReplyDelete
  18. dateng aja mas, dijamin nggak bakal nyesel dech :-)

    ReplyDelete
  19. di Pulau calamoa itu nggak ada penduduk yaang menetap di situ, Pulau ini nggak jauh2 banget dari bibir pantai Tanjug Pendam, jaraknya kurang lebih 500 meter.

    ReplyDelete
  20. waduh sist oleh2nya dah habis nih heheh

    ReplyDelete
  21. iya mas moudy i'm back heheheh
    boleh kalo mau dateng nanti aku temenin, bangka-belitung cuma 4 jam kok naik jet poil.

    ReplyDelete
  22. heheheh.....boleh kalo nggak setuju, ini kan opini jadi bebas berpendapat

    ReplyDelete
  23. waduhhh nggak mas, padahal pengen wawancara langsung.

    ReplyDelete
  24. heheheh...potonya banyak sebenernya, tapi karena koneksinya lamban, jadi males upload, jadi segini aja bisanya. hehehe

    ReplyDelete
  25. boleh mas wahyu, dijamin puas dech kalo kesana.

    ReplyDelete
  26. Hahaha puas banget kayaknya jalan-jalannya. Ga ada alasan lagi kamu merasa bosan dengan pekerjaanmu ini dan hidupmu :)

    Rock on!

    ReplyDelete
  27. lumayan tuh pemandangannya, bisa jadi referensi neh..ehehehe... :-)

    ReplyDelete
  28. oke tuh, dateng aja dijamin nggak nyesel dech.

    ReplyDelete
  29. iya nih bro, seharusnya aku bisa nikmatin semua yg udah aku lakukan, semangat terus pokoknya.

    ReplyDelete
  30. Selamat malam, senyuman kebahagiaan dalam indahnya kehidupan,:-D salam...

    ReplyDelete
  31. wow, keren foto2nya. keknya festival calamoa itu kalo lebih dipromosiin bakalan rame banget dikunjungin sama wisatawan.. soalnya letaknya juga di tempat istimewa sih, Belitung. :D

    ReplyDelete
  32. Welcome back.. Waw salah satu pulau yang sangat ingin aku kunjungi.

    ReplyDelete
  33. welcome back mbak . weh seru banget ya perjalananya ada sekolahnya laskar pelangi lagi

    ReplyDelete
  34. itu SDnya Andrea Hirata dulu Tar? senengnya bisa ke Belitong...

    ReplyDelete
  35. iya nih, kalo di promosiin secara benar, pasti akan lebih rame.

    ReplyDelete
  36. ayo mas kika, dateng aja, nggak bakalan nyesel dech

    ReplyDelete
  37. ho ho ho....perjalanan nya ga sia-sia kan sizt :D
    welcome back sizta..

    ReplyDelete
  38. keren banet liputanya..ekspedisi sekalian rekreasi^^
    calamoa...?mmhh kapan iah kesana samsama, rame2, brg man teman blogger..
    selamat datang lagiih tary ;)

    ReplyDelete
  39. Wah, jadi pingin ke Belitung. Kayaknya indah banget, ya. Yang di foto itu beneran SD Muhammadiyah di Laskar Pelangi, ya? Atau bekas setting filmnya aja?
    Salam kenal, ya... :)

    ReplyDelete
  40. welkam bek Ry... wah pulaunya indah buanget... aq blom pernah ke luar jawa nie... :-(

    ReplyDelete
  41. perjalanan yg menyenangkan, jadi ingin kesana... :D

    ReplyDelete
  42. cih! sayang gak banyak foto-fotonya.. :(

    jadi makin pengen ke Belitung!

    ReplyDelete
  43. kapan bisa aku bisa jalan2 keluar jawa T.T
    yang ikut festival hanya 8 propinsi aja?

    ReplyDelete