Tuesday 5 May 2015

Jodohku... Dimana Jodohku

Masa remaja gue bisa dibilang cukup bergelora. Gue bahagia bisa melakukan banyak hal dimasa muda gue. Menyalurkan hobi, melakukan traveling, mencoba hal-hal yang baru dan menemukan banyak teman. Apapun yang gue lakukan dulu semua didasarkan oleh kata hati, tanpa ada sedikitpun intervensi dari kedua orang tua termasuk dalam hal memilih jodoh. Kalau pernah merasakan manis, maka tak afdol kalo belum merasakan pahit begitupun dalam masa remaja, ada cerita bahagia ada pula cerita sedih kebanyakan sih dalam urusan pertemanan dan percintaan. Hilang satu teman udah biasa terjadi, tapi berkali-kali kehilangan pacar itu sudah masuk kategori luar biasa.

Kali ini gue bukan mau cerita tentang mantan-mantan pacar gue yang nggak beruntung itu yah, nggak etis ajah kalo gue ceritain di blog ini secara diam-diam suami gue mungkin pernah khilaf baca tulisan istrinya. Paragraf diatas hanya sebagai kata sambutan, gue sebenarnya pengen nulis tentang jodoh seperti judul diatas jodohku dimana jodohku? yang jelas bukan di Jonggol seperti kata Wakwau.  Gue berniat menulis tentang jodoh ini setelah melihat status seorang teman yang menulis "jodohku... dimana" di beranda Facebooknya tadi pagi.




Jodoh memang rahasia Illahi nggak ada satupun manusia di muka bumi ini yang sejak pertama lahir udah ketahuan berjodoh dengan siapa, atau nggak ada satupun manusia di bumi ini yang bisa request sama Allah pengen berjodoh dengan siapa. Semua benar-benar rahasia sampai masanya itu tiba. Gue contohin diri gue sendiri jatuh bangun putus nyambung dalam hal percintaan siapa sangka gue bakal berjodoh dengan teman chatting gue di YM, nggak dapet firasat apapun ketika pertama kali kenal kalo suami gue ini adalah jodoh gue. Atau contoh lain mantan pacar gue yang gagal gue nikahin nggak taunya berjodoh sama saudara sepupunya sendiri, gue yakin diapun sebelumnya mungkin nggak pernah tau kalau sepupunya sendiri adalah jodohnya.

Jodoh pada dasarnya bukan sekedar bertemu terus merasa cocok dengan apa yang kita idam-idamkan. Misalkan dulu ekspetasi gue mencari jodoh pengen cowok yang ganteng, rambut keriting dan bermata elang seperti Nicholas Saputra namun yang gue temui adalah laki-laki yang mungkin gak setampan si Nico tapi bisa bikin hati gue klepek-klepek kayak lagu dangdut. Kenyataan bisa berbanding terbalik dengan khayalan kadang apa yang kita dapatkan nggak seperti yang kita inginkan. Seperti kata gue tadi kalo bisa request jodoh sama Allah mungkin banyak orang yang request jodoh sesuai dengan yang diinginkannya. Bahkan gue mungkin dengan tidak tau diri request minta berjodoh sama Lee Min Hoo. Eh tapi kalo gue berjodoh sama Lee Min Hoo, gue mungkin nggak kuat mental dan bisa kurus kering karena cemburu buta  ngeliat doi beradegan mesra dengan Park Shin Hye dan artis cewek lainnya.

Jodoh adalah hal yang ghaib kita nggak bakalan tau bakal berjodoh dengan siapa, mungkin si kaya dengan si miskin si ganteng dengan si buruk rupa, bila Allah sudah berkehendak nggak ada satupun manusia yang bisa menolak. Bisa jadi di masa yang akan datang gue besanan sama Kate Middleton anak gue jadi mantu Kerajaan Inggris. Seandainya Pangeran George jadi mantu gue, gue borong tuh semua tiket konser SUJU buat GankKdrama biar nggak ada yang galau gak kebagian tiket. *emak-emak mulai delusional.

Jodoh nggak bakalan ketukar, mungkin cuma di sinetron aja ada judul jodoh yang tertukar. Upss... salah ya? Dari masih berbentuk jabang bayi di dalam kandungan, ketika ruh kita ditiupkan disana sudah ditentukan Allah takdir bagi kita mulai dari rejeki, jodoh dan maut. Kalau pacaran terus putus dan gagal menikah itu adalah takdir berarti dia bukan yang terbaik. Bahkan orang yang sudah menikah pun kalau masa jodohnya udah expired bakal berpisah juga. Gue pernah baca di salah satu buku tentang pernikahan " pasangan yang menikah itu belum tentu itu jodohnya " jodoh belum tentu bisa terwujud dalam suatu pernikahan. bisa jadi setelah menikah lalu bercerai dan menemukan jodoh yang lain. Tapi maunya gue semoga suami gue jodoh gue satu-satunya seperti lirik lagu Anang dan Ashanty berikut ini.

jodohku... maunya ku dirimu... 
satu cinta hingga ajal menjelang ...
aku dan kamu satu, saling mencinta syalala...lala...lala...

Jodoh itu bukan menyatukan dua hati yang berbeda, tapi menyatukan satu hati yang terbelah menjadi dua. Ingat kata Pak Mario Teguh 

"Jodoh kita yang memilih, Tuhan yang merestui. Tidak ada satupun yang bisa menjadi jodoh kita kalau bukan kita yang menjodohinya. Maka jadilah pribadi yang baik agar baik juga belahan jiwa yang di jodohkan Tuhan untuk kita".

Tapi yang seringkali terjadi banyak orang mencari jodoh hanya melihat secara fisik aja, wajah tampan punya mobil keren dan punya profesi yang menjanjikan sehingga mendorong seseorang mencari pasangan hidup sesuai dengan apa yang diinginkannya padahal belum tentu itu pasangan terbaik yang mengerti dan mau menerima apa adanya. Sekali lagi gue bilang kita perlu berkaca. Berkaca pada diri sendiri sudah pantaskah gue memiliki jodoh yang baik, yang sempurna seperti yang gue impikan. Bila belum ketemu juga serahkan semua kepada Tuhan, karena jodoh di tangan Tuhan belum kalau waktunya belum tepat, nanti kalau harus pantaskan diri dan tidak jika dia bukan yang terbaik. Janganlah pesimis bagi yang belum bertemu jodohnya tetap berdoa dan berikhtiar.

"Berdirilah di depan cermin, lihat dirimu sendiri seperti apa. Jodoh itu tergantung dari diri kita sendiri, jika kau baik maka jodoh yang baik akan datang dengan sendirinya. Wanita yang baik untuk laki-laki yang baik begitu juga sebaliknya".


6 comments:

  1. Tary! Gue mah ngga usah dikasih tiket SUJU! Cius ngga usah! Tiket TRB BTS aja yah xD #GagalFokus

    Gue juga maunya jodoh gue ya suami gue mak. Lelaki super pengertian dan memaklumi istrinya yang apalah-apalah ini >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya mak jodoh sampe mau memisahkan. Btw udah dikasih hati minta jantung yakkkk...

      Delete
  2. Cara orang menanti jodoh emang beda-beda, sama kayak nunggu antrian atau nunggu pesawat yang delay, tergantung yang menunggu mau diisi apa masa penantiannya, nonton?baca?nulis? Galau? Berpikiran positif? Berpikiran negatif? Pilih yang asik, yang bermanfaat, yang positif..menantipun tak akan terasa *tsahhh..

    ReplyDelete
  3. Iya, jodoh emang gitu orangnya....
    Gue dulu punya cita-cita mulia menjebak lelaki Jawa buat menikahi gue. Sayangnya yang kena jebak malah wong kito galo juga, wkwkwkwkwk....

    ReplyDelete
  4. Setuju banget kalau pasangan nikah kita belum tentu jodoh kita selamanya, hehe..saya udah mengalami sendiri :p

    ReplyDelete
  5. Iya, jodoh emang gak ada yang tau. Kita pengennya begini, dapetnya begitu. Pengen ini pengen itu banyak sekali #eh

    BTW masih soal jodoh, kadang aku suka nyengir garing sendiri ngeliat banyak anak yang masih sekolah udah ngomongin soal jodoh lah, tulang rusuk lah. Rasanya tuh pengen tak.... Anu'in deh.. Hadeeehhh..

    ReplyDelete