Friday 25 June 2010

letak kebahagiaan



"Aku sedang mencari kebahagiaan…."
Seorang teman pernah berujar kepadaku.

Mendengar ucapannya membuat aku tersenyum dan berusaha mencerna kata-katanya. Sehingga aku tergelitik untuk menuliskan kebahagiaan sebagai tema di postinganku kali ini.

Bagaimana mengejar kebahagiaan?? Mengapa menginginkan kebahagiaan dan seperti apa kebahagiaan itu, aku belum tau… aku belum menemukan jawabannya.

Bahagia, sebuah kata yang sepertinya ditinggikan banyak orang. begitu tinggi, sampai aku ingin melemparkan dan menginjak-injaknya. Aku pernah menulis tema yang sama di postingan ku yang terdahulu, yah… terdengar sentimentil memang. Padahal nggak segitunya juga, aku hanya berusaha meningkatkan efek dramatisasi saja biar terlihat sinis.

Ku coba search di google, mencari makna dan arti dari kata bahagia;kebahagiaan. Namun yang aku temui adalah sederetan kalimat sederhana yang nyatanya sulit sekali untuk aku cerna.

“aku hanya akan merasa bahagia kalau aku menemukan seseorang yang mau dan bersedia berbagi duka denganku, yahhh.... aku butuh pendamping".

Seorang teman berujar lagi, ia kelihatan sedang pesimis menghadapi hidup dengan kesepian, jelas sekali terdengar dari ucapannya, kalau ia sangat tidak bahagia dengan kesendiriannya.

Aku berpikir dari perkataannya aku mengerti, ternyata ketidakbahagiaan adalah suara hati seseorang yang hanya bisa dihadapi dengan caranya sendiri, seperti pesimis memandang hidup.

Apakah untuk menjadi bahagia harus ada orang lain di samping kita, bisakah kita meraih kebahagiaan sendiri?

Sejujurnya aku mulai bertanya-tanya, benarkah untuk menjadi bahagia adalah dengan menaruh ketakutan, harapan, keluhan kepada orang lain yang peduli dengan kita?

Aku rasa tidak ya...

Aku berpikiran bahwa orang lain selain kita memang tidak berhak ikut memiliki ketakutan-ketakutan kita, kecuali bila orang itu memang begitu kuatnya mempertahankan ketulusannya atau orang itu terlalu bodoh menjadi recycle bin yang selalu siap sedia menampung semua keluhan dan ketidakbahagiaan kita.

mengutip apa yang pernah dikatakan Mario Teguh, "letak kebahagiaan adalah saat kita menemukan kebahagiaan bukan dari orang lain. The concept of happiness is not about being completed by other".

Bahwa kebahagiaan sebenarnya memang tidak ada karena bahagia itu bukan berarti sebuah karunia, melainkan sebuah usaha untuk menghadapi ketidakbahagiaan.

Pada akhirnya, menjadi bahagia atau tidak, itu adalah sebuah pilihan.

34 comments:

  1. mungkin letak kebahagiaan setiap orang lain-lain apa ya? :D :D.. tapi memang benar banget tuh kata Mario Teguh...

    ReplyDelete
  2. dan aku bertanya kepada kakakku tercinta.. apakah kau bahagia saat ini?

    ReplyDelete
  3. cari di kamus besar bahasa indonesia aj... :D
    pursuit of the happiness..... hheh, susah kayaknya ya....

    ReplyDelete
  4. hhmmmm.... menurutku jangan terlalu difikirin mbak...ntar malah jadi beban berat lho..
    kalo saya ga nyari pendamping mbak, tapi lagi puyeng nyari kerjaan :D


    salam kangen

    ReplyDelete
  5. saya bahagia kalo hidup saya damai.
    Damai lahir batin tentunya.

    Pagi mbak Tary :D

    ReplyDelete
  6. hmmmm...... jadi dimana kebahagianku..???

    ReplyDelete
  7. Barang siapa mencari kebahagiaan, maka kebahagiaan akan ada diluar dirinya. barang siapa mensyukuri kebahagiaan, maka kebahagiaan ada di hati.

    ReplyDelete
  8. kebahagiaan secara manusiawi mungkin bisa dilihat dari segi ekonomi dan sosialnya. tp apakah cukup hanya tu?

    ReplyDelete
  9. ikutan kontes ku aja klo mau bahagia.. hehe promosi.. :D
    ditunggu yah..

    ReplyDelete
  10. kebahagiaan itu ada di hati, sejak lahir manusia sudah membawa kebahagiaan

    ReplyDelete
  11. saya pernah dengar bahwa kebahagiaan bukan di cari tapi kita yang menciptakannya sendiri. jadi mungkin benar dengan kata2 terakhir bahwa menjadi bahagia adalah sebuah pilihan..
    salam kenal mbak :-)

    ReplyDelete
  12. Menurut saya, letak kebahagiaan itu ada di pikiran. Pikiran kita yang akan menentukan apakah kita bahagia atau ndak. Faktor luar cuma membantu kita merasa bahagia.

    ReplyDelete
  13. sama..begitu pula aku. aku mencari kebahagiaan..tapi dimana ia?
    apakah ia ada di dalam diriku? aku ingin yakin itu, tapi aku ragu.

    ReplyDelete
  14. menurut aku bahagia itu kita yang nyiptain sendiri..jadi ga perlu nyari kemana-mana..

    ReplyDelete
  15. kebahagian itu bonus dari jerih payah usaha keras kita mbak :D

    ReplyDelete
  16. Menurut saya bahagia gak perlu dicari. Berbuat saja yang bener Insaya Allah kebahagiaan sejati kan kita rasakan.

    ReplyDelete
  17. namun blue sellau berharap u segera merasakan kebahagiaan
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  18. kebahagiaan ada saat kita tidak mengeluh kembali...

    ReplyDelete
  19. saya bahagia krn saya mensyukuri apa yang telah diberrikan olehNya... bahagia ada dalam hati dan pikiran.. itu yg mengendalikan hidup kita apakah merasa bahaia atw tidak.. tergantung mood..

    ReplyDelete
  20. kebahagian itu sudah diatur sama yang maha kuasa, tinggal kita aja harus mensyukuri nikmati yang telah diberikan...tetep semangat pasti ketemu ko kebahagian itu entah kapan ...salam sukses...

    ReplyDelete
  21. kebahagian bisa berbeda2 maknanya bagi tiap orang,
    namun dgn senyum kitapun telah membahagiakan orang lain dan diri sendiri,sangat sederhana.
    salam

    ReplyDelete
  22. Ngikut seperti kata bundadont worry, menyederhanakan hidup dengan sesuatu yang sederhana

    ReplyDelete
  23. Do i happy? I don't know..You tell me!

    ReplyDelete
  24. mungkin letaknya di otak, karena bahagia atau tidak adalah hasil pemikiran otak...

    ReplyDelete
  25. Saya berpendapat kalo kebahagiaan yang sesungguhnya adalah ketika kita berguna dan bermakna bagi orang lain, yah saya mencoba itu sekarang, menjadi salah satu sahabat blog-nya mbak tari, kalo mbak tari pengin mengeluh, saya siap ding jadi pengedar setia ..hehehe

    ReplyDelete
  26. Setuju. Bahagia atau tidak adalah pilihan. Pilihan untuk berbahagia atau pilihan untuk tidak berbahagia

    ReplyDelete
  27. aku juga sedang mencari sebuah kebahagiaan.......di manakah???

    ReplyDelete
  28. Setuju, kebahagiaan itu adalah pilihan. Sama seperti kamu merasa bersyukur atau tidak?

    Bersyukur karena sakit hati karena artinya pernah merasakan cinta?

    Bersyukur sakit flu, karena artinya kita pernah merasakan kesehatan?

    Bahagia itu dimulai dari dalam diri sendiri, sedangkan pendamping adalah sosok yang melengkapi kebahagiaan itu. Bisa dibilang bonus lah... hahaha. Ah romantisnya :>

    ReplyDelete
  29. Kebahagian bagi aku adalah disaat kita bisa menerima semuanya terutama hidup dengan lapang dada. :)

    ReplyDelete
  30. Kebahagiaan sangat susah untuk didifinisikan itu tergantung dari kita bagaimana menempatkan rasa itu ada di hati mending kedamaian dech....

    ReplyDelete
  31. Hati adalah kekuatan sekaligus kelemahan manusia. Dikatakan, "hatiku bahagia", "hatiku gembira", "hatiku sedih", dsb.

    Menurut saya, kegembiraan dan kebahagiaan itu sifatnya masih emosional dan sesaat. Jadi kita bisa naikkan levelnya menjadi kedamaian. Di dalam kedamaian hati akan ada kebahagiaan yang lebih berarti.

    Lalu bagaimana supaya "hatiku damai". Bersyukurlah terhadap apa yg sekarang kita miliki, masih ada orang yang lebih minim dari kita tapi mereka bisa tersenyum. [*sok menggurui, sorry :)*]

    ReplyDelete