Wednesday 16 June 2010

Manusia



Salah satu buku yang pernah gue baca, Martin Heidegger mengatakan bahwa “kesibukan merupakan ciri manusia”, kesibukan membuat manusia selalu resah dan tidak tenang." Dunia bagi manusia bukanlah suatu yang “apa adanya” tetapi keberadaannya selalu di APAKAN dan di BAGAIMANAKAN. Heidegger juga mengatakan, dunia bagi manusia bukanlah dunia yang telanjang, tetapi dunia yang dibungkus dengan persepsi-persepsi kemanusiaan.

Sejak menjadi manusia, pernah di sadari ataupun nggak, gue mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sangat mendasar seperti “apakah tujuan hidup ?”, “apa perbedaan mendasar antara manusia dengan binatang?”, “apa makna hidup dalam dunia ini?” dan berbagai pertanyaan-pertanyaan lainnya yang bikin gue sampai merenung jauh.

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, gue belum mempunyai cara lain selain membaca buku-buku yang berisi tentang dogma-dogma keagamaan. Karena untuk melakukan penalaran filsafatis atau melalui metode ilmiah gue nggak mampu.

Dan pagi ini, lagi-lagi gue terdampar di satu blog yang membuat gue terkesima dengan kalimat-kalimat di dalamnya tentang makna hidup.
Ngomongin tentang makna hidup, itu berarti ngomongin pula mengenai arti menjadi manusia. Gue pinjam istilahnya Aristoteles manusia sebagai makhluk yang memiliki kesadaran.

Sampe sekarang, gue pikir, manusia adalah sesuatu yang misterius, lebih misterius dibandingkan legenda manapun yang pernah dikuak oleh arkeologi. Mikirin manusia sama aja memikirkan sesuatu yang lebih luas dari apapun termasuk luasanya ruang angkasa dan lebih dalam lagi daripada samudra manapun.

Dan udah menjadi takdir, kalau kita terlempar dalam dunia dimana kita berada dalam struktur, tetapi hal itu tidak menjadikan kita orang yang pesimis dan tidak melakukan pengkonsepsian terhadap manusia lain dan kemanusiaan kita, sebab apalah artinya kita sebagai manusia tetapi kita absen dalam drama kemanusiaan. Selain itu kita harus rendah hati juga untuk mengakui keterbatasan kita dalam membangun konsepsi tentang diri kita.

Tulisan ini adalah hasil refleksi terhadap kemanusiaan. Dengan segala peristiwa yang terjadi di dunia ini, peperangan, pelanggaran HAM, kerusakan alam, kerusakan moral manusia dan segala hal buruk lainnya.
Barangkali tidak adil kalo gue menempatkan manusia dengan segala kesempurnaannya sebagai pelaku utama rusaknya dunia.

Namun, karena kesempurnaan yang dimilikinya manusia melakukan apa aja untuk memuaskan hasrat mereka tanpa mengindahkan kerugian pada manusia lainnya, Mereka melupakan bahwa ada siklus yang berputar dan saling bergantung satu sama lain.

Hmm…. Semoga saja kita menjadi manusia-manusia yang dalam kesempurnaannya, bisa melakukan hal-hal terbaik untuk dunia, bumi dan lingkungan. Dunia udah panas, jangan bikin panas lagi sampe ia benar-benar murka.

38 comments:

  1. Kadang saya suka berpikir untuk hidup sederhana, tapi lingkungan kita tidak bisa menerima 'kesederhanaan' itu. Salam kenal,mbak.

    ReplyDelete
  2. jadilah manusia yang memanusiakan yang lainnya ... manusia yang berbudi dan tahu diri untuk apa dia ada di bumi ya ga ry

    ReplyDelete
  3. belajar untuk jadi manusia yang bertanggung jawab nie

    ReplyDelete
  4. begitulah, manusia, karena "merasa" sempurna, maka kebanyakan dari mereka kalap dan malah menjelma sosok-sosok yang berlaga seperti Tuhan...

    well, tulisannya baguuuss..... teruskanlah!

    o ya, sebaiknya mbak tary tetaplah seperti sekarang yakni melalui buku-buku keagamaan, sesungguhnya, saya yang gandrung dengan filsafat kini hati saya mulai menyuarakan kebencian terhadap filsafat!

    ReplyDelete
  5. manusia kadang emang lupa kalo harus saling tolong menolong antar sesama
    karena terkadang manusia selalu menganggap dirinya sempurna

    ReplyDelete
  6. "Namun, karena kesempurnaan yang dimilikinya manusia melakukan apa aja untuk memuaskan hasrat mereka tanpa mengindahkan kerugian pada manusia lainnya, Mereka melupakan bahwa ada siklus yang berputar dan saling bergantung satu sama lain."

    karena terlalu banyaknya manusia yang egois, dan kurangnya kesadaran diri makanya terjadilah hal seperti itu.... ^^

    ReplyDelete
  7. intinya sayangi bumi kita, dan merawatnya seperti kita merawat diri sendiri.
    jangan membuat kerusakan, hingga nanti saatnya bumi yg murka pada kita .
    salam

    ReplyDelete
  8. semakin lama beda manusia dan binatang semakin menipis, lama2 yg membedakan kita dengan binatang hanya selembar KTP

    ReplyDelete
  9. Wah postingan kali ini lebih ngotak y?

    ReplyDelete
  10. Tiada manusia yang mampu hidup sendiri didunia ini, dan tiada manusia yang sempurna, terkadang dia menuliskan sesuatu untuk mengingatkan dirinya sendiri wah postingan mbak sangat menyentuh sekali, sukses dech :)

    ReplyDelete
  11. Manusia pandai yang tanpa sentuhan spiritual akan menjadi tanpa tujuan Mbak.

    ReplyDelete
  12. pola hidup manusia kadangkala berubah-ubah
    benar di buat salah dan sebaliknya..?
    merendahkan diri dari sikap ketamakkan akan membuat lebih bernafas
    *cuma berandai-andai ;p

    ReplyDelete
  13. Ada yang mengatakan Ilmu itu didapat dari membaca maupun mendengar, terkadang sentuhan - sentuhan spiritual sangat kita perlukan baik dari buku,artikel maupun perkataan orang, sepanjang itu masuk akal kenapa tidak ? yach...yang penting positif aja mbak, sukses selalu

    ReplyDelete
  14. manusia emank susah ditebak dan gak pernah puas.. itu mgkn krn manusia dianugrahi nafsu oleh Allah..
    mending berbuat yg terbaik pada diri sendiri dan orng lain dari sekarng dan sampai selamannya.. mgkn hidup akan lebih bermakna.. :)

    ReplyDelete
  15. Mbak, nama blog yang Mbak baca itu apa? Mau tahu dong... :)

    ReplyDelete
  16. iya nih
    nama blognya apa sih, mbak?

    ReplyDelete
  17. pendidikan yang diberikan dan lingkungan mempengaruhi hidup kita dan yang terpenting adalah niat kita sendiri akan mempengaruhi kedepan apa yang akan kita lakukan

    ReplyDelete
  18. Manusia itu tidaklah sempurna, Kalau semua manusia itu sempurna so pastin mereka hanya akan berjalan dengan diri mereka sendiri tanpa mau membantu atau meminta bantuan. tapi manusia tidak lah sempurna karena kita manusia masih membutuhkan bantuan dari orang lain, uluran tangan dari orang lain yang membuat kita hidup.

    ReplyDelete
  19. manusia adalah mahkluk sosial, memiliki akal nurani dan itulah yang membedakan manusia dgn mahkluk lainnya tapi sayangnya ada manusia yang bertindak seperti tidak selayaknya manusia

    ReplyDelete
  20. komennya y tarry.

    http://rullyeist.wordpress.com/2010/06/18/mengingat-tuhan/

    thanks.

    rully

    ReplyDelete
  21. Manusia memang pada dasarnya rakus dan merasa sebagai makhluk yang paling sempurna ya.

    Menurutku justru karena manusia tidak sempurna maka dia jadi rakus dan tamak. Yah, kesadaran akan perlunya berbuat baik pada sesama maupun bumi dan lingkungan biasanya datang belakangan ketika kita sadar bahwa kita juga bisa "tergerus" kalo tidak mau membantu.

    ReplyDelete
  22. pertanyaan yang patut di jawab :

    1. Darimana asal kita
    2. Mau apa hidup d dunia
    3. Kemana setelah mati..

    ReplyDelete
  23. ah manusia mau kemana tujuanmu ? saya juga masih sering bingung mbk, yang penting saya sekarang saja ingin berguna bagi sekitar dan memberikan aura positif bagi sekitar :D

    ReplyDelete
  24. mengikuti comandnya om usup
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  25. manusia yang benar-benar manusia adalah manusia yang bisa memanusiakan manusia..
    (^_^) apa ya???

    ReplyDelete
  26. "Selain itu kita harus rendah hati juga untuk mengakui keterbatasan kita dalam membangun konsepsi tentang diri kita."
    ->tapi jangan jadikan keterbatasan sebagai penghalang untuk selalu terus berkembang...

    ->paragraf penutupnya mantab nich...
    "Semoga saja kita menjadi manusia-manusia yang dalam kesempurnaannya, bisa melakukan hal-hal terbaik untuk dunia, bumi dan lingkungan. Dunia udah panas, jangan bikin panas lagi sampe ia benar-benar murka."
    ->mari...!!!

    ReplyDelete
  27. selamat berakhir pekan sahabat
    semoga sahabat sekeLuarga selalu daLam kedaan sehat dan 'afiat. saLam sukses seLaLu.

    ReplyDelete
  28. satu sifat yg dimiliki manusia adalah tidak pernah puas. dan sabar adalah yang terbaik untuk bisa mengembalikannya ke jalur yang benar..

    ReplyDelete
  29. trims infonya sobat. ini pun menjadi renungan buat saya..

    ReplyDelete
  30. Manusia dianggap sempurna karena punya logika yang lebih baik dibandingkan makhluk lainnya. Tapi, logika itu juga yang jadi kelemahan manusia. Dengan logika, manusia jadi berpikir, bahkan terlalu banyak berpikir. Padahal, hidup ini seharusnya adalah sebuah perbuatan. Makanya sering kita dengar orang tua berkata, ndak usah terlalu banyak mikir, jalani saja hidupmu.

    ReplyDelete
  31. Memang susah jadi manusia... :mrgreen: salam kenal, mbak..

    ReplyDelete
  32. Karena manusia misterius dg nafsunya yg gak puas2 dg apa yg tlah dimiliki.

    ReplyDelete
  33. "manusia adalah sesuatu yang misterius, lebih misterius dibandingkan legenda manapun yang pernah dikuak oleh arkeologi."

    Setuju banget..,
    bernafas, makan, minum, detak jantung, buang air, rasa gatal, tidur semuanya hal2 yang sederhana tetapi sebenarnya masih menyimpan banyak misteri. Semuanya tentu saja adalah Masterpiece dari "The Master of Designer" yang menciptakan kita begitu kompleks dan 'hebat' bahkan 'sempurna'.

    "Namun, karena kesempurnaan yang dimilikinya manusia melakukan apa aja untuk memuaskan hasrat mereka tanpa mengindahkan kerugian pada manusia lainnya, Mereka melupakan bahwa ada siklus yang berputar dan saling bergantung satu sama lain."

    yupz..,
    bahkan ada juga manusia yang menginginkan 'bumi yang baru' dengan memanfaatkan segala cara, demi memuluskan tujuannya itu.., (i'm talked about NWO)

    Btw, tulisannya keren mbak..,
    Teruslah menulis!!

    ReplyDelete
  34. sesuai sebutannya MANUSIA adalah
    Makhluk Allah Nan Usil Selalu Inginkan Apapun
    (bc: tak pernah mau puas dg apa yg sdh dimiliki)

    ReplyDelete
  35. Manusia diciptakan untuk mengabdi kepada-Nya dan menjadi kholifah di bumi.
    Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya
    Manusia adalah ciptakan Tuhan yang terbaik.

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Kontes Menulis Opini ”
    2. ”The Amazing Picture ”, dan
    3. ” The Twin Contest”
    4. “ Kontes Menulis Peribahasa “
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.
    Terima kasih

    ReplyDelete