Thursday 1 July 2010

masih tentang (cinta_red)



Di dorong banyaknya konflik pribadi dan rasa frustasi terhadap kehidupan seorang teman bertanya kepada saya, apakah cinta dan bagaimanakah bentuk cinta?

Hmmm.... pertanyaan yang cukup berat dan memusingkan.
Cinta!!! Kata ini kedengarannya melankolis, sentimental, puitis sekaligus dramatis. Ketiganya sering menjadi adonan runyam serta renyah, sehingga kehadirannya tidak bisa dijelaskan oleh bahasa apapun.

Oke sekedar flashback dan ini pengakuan dari sebuah fakta gombal, sekitar 1 tahun yang lalu, saya memutuskan mengambil jarak dengan masalah-masalah itu (cinta_red). Dengan keputusan itu sebenarnya saya dengan sadar berperan aktif terhadap manipulasi perasaan saya sendiri.

Pasca gagal membina hubungan dengan seseorang, pernah membuat saya benci dengan nasib, benci pada diri sendiri dan hampir benci pada dunia, merasa seolah-olah dunia bersekongkol untuk menyudutkan saya. Namun semua itu telah lewat, saya telah menemukan dunia saya sendiri dan itu membuat saya belajar banyak tentang arti cinta, kasih sayang, kebersamaan dan juga pengkhianatan.

Bisakah rasa benci berubah menjadi rasa rindu?? seorang teman bertanya lagi pada saya.

BISA JADI... !!,
Kenapa begitu...?
Aihh...banyak orang bilang, batas cinta dan benci hanya setipis kulit bawang. Hanya seperti koin mata uang yang dilemparkan ke udara terus jatuh dan kita menebaknya gambar atau angka. Setiap saat cinta bisa jadi benci dan setiap saat pula benci bisa jadi cinta. Seorang filsuf juga sering mengatakan bercinta itu seperti berlari memasuki dunia tanpa musim, dimana kita bisa tertawa tapi tidak sepenuh hati dan menangis tapi tidak menghabiskan air mata.

Siapa tahu rasa benci dapat berubah menjadi rasa rindu? Karena bagaimana pun, tak bisa disangkal, setiap umat yang bernapas di dunia ini membutuhkan cinta.

Keputusan yang saya ambil bisa dibilang berhasil, dengan jarak yang saya buat saya melihat segala sesuatu lebih jernih, dan lebih rasional.

Saya mencari pil-pil obat rasa rindu dalam berbagai macam hal. Obrolan dengan orang-orang yang jarang terjadi ketika saya galau membuat saya penasaran dan ingin kembali mencoba mengecap apa itu cinta. Dan yang ingin saya bahas di sini adalah bagaimana mengobati rasa rindu lewat tertawa.

Bisakah.... ??

Dalam pengembaraan saya mencari sebongkah tawa dalam ikatan cinta, saya tersandung hal-hal yang aneh, tidak masuk akal dan ganjil yang terjadi dalam kehidupan saya, kemudian saya sadar, dalam cinta itu selalu ada senyum, tawa, sedih dan juga air mata. Dan itulah cinta.

Singkatnya, cinta ada dimana-mana dan kapan saja. Ia menembus ruang, waktu, serta menghancurkan segala bentuk penghalang. Dan wujudnya bisa teraplikasi dalam segala hal.

Karenanya cinta tidak dapat diciptakan atau dibunuh. Ia hadir mengalir tanpa harus direncanakan kehadirannya. Dan, semuanya tidak bisa mengerti kapan cinta harus datang atau mati.

Cinta adalah hidup itu sendiri. Membunuhnya berarti mengakhiri kehidupan. Dan itu berarti kita sudah masuk dalam wilayah rasa kebencian.

* oke tulisan ini saya tulis dalam keadaan tidak lagi galau.

43 comments:

  1. kalo lagi rinduu banget, baca aja ayat-ayat cintaNya, mbak:)

    ReplyDelete
  2. Ahahahahaha.
    Gw udah dua kali membaca tulisan ini. Tp ga tau mau komentar apa mba. Terkagum kagum. Cinta oh cinta..

    ReplyDelete
  3. kata siapa itu lupa..cinta ibarat 2 ekor landak yang kedinginan di musim hujan..mereka ingin berpelukan, tapi apa daya duri2 di badan mereka malah melukai satu sama laen. lhaa...terus mereka mengatur jarak biar tetap hangat tapi ndak saling melukai..saya ndak gitu ngeh sebenernya perumpamaan ini..tapi ya begitulah..kadang terlalu mencitai malah membuat kita melukai

    ReplyDelete
  4. cinta....... kayak makanan, ada basinya juga......... :|

    ReplyDelete
  5. Assalaamu'alaikum Mbak Tary

    Maaf, baru mampir untuk membalas kunjungan. Salam kenal kembali.

    Hari ini, saya dituntun hadir ke blog-blog yang menulis tentang cinta. Wah... saya jadi asyik sekali membaca bicara cinta dari pelbagai rasa dan sentuhannya. Cinta emangnya membuat manusia bisa hilang pertimbangan, bahagia dan derita, hidup dan mati juga sengsara.

    Namun harus diingati juga, cinta kepada manusia bisa hilang sekelip mata tetapi cinta kepada Allah yang mengaruniakan cinta di hati manusia sesama manusia tetap abadi kekal selamanya. maka, cintailah manusia kerana Allah. Jika gagal dalam percintaan, ia tidak bisa menghapuskan keriangan hidup dan kebahagiaan kita kerana cinta hakiki telah membenahi hati secukup rasanya.

    Salam manis dan mesra dari saya di sarikei, Sarawak buat mbak Tary.

    ReplyDelete
  6. gak ngerti yang beginina,,
    masih kecil :oops: :D

    ReplyDelete
  7. Cinta itu masih hal yang gaib yach? yang menyentuh hati dengan jari halusnya, dan memainkannya dalam setiap dawai harpa sang musikus, Cinta itu merupakan suatu cahaya yang bersinar dari kedalaman perasaan kita sebagai manusia dan menyinari sekelilingnya, tiada yang lebih indah dari hari - hari yang dihiasi cinta, dan tiada malam-malam yang menakutkan ketika ditinggal cinta itu sendiri karena cinta adalah Cerita Indah Tiada Akhir :)

    ReplyDelete
  8. cinta!! saya tak berkompeten untuk membahasnya, ini rumit

    ReplyDelete
  9. jangan sampae kelebihan meneguk pil2 pengobat rindunya, ntar jadi neg :)

    ReplyDelete
  10. waduh..... begitu yach.... hm.....
    maaf, masih belum mengerti nich mbak tentang cinta.

    ReplyDelete
  11. cinta bikin hidup lebih hidup tapi jika salah mengartikannya maka cinta bisa menjadi gila

    ReplyDelete
  12. Cinta ... cinta ..., dukanya tiada tara!!!

    ReplyDelete
  13. pada sebuah dingin,
    berharap sayap kan memeluk
    pada sebuah gerah,
    ingin tetes air datang
    pada sebuah tanah
    mau bebunga tumbuh sumbur
    pada sebuah rindu,
    bibir meracau memanggilnya
    cintakah?

    ReplyDelete
  14. saya seneng ma ungkapan yg bilang bahwa benci n cinta hanya dibatasi oleh sesuatu setipis kulit bawang nice....!!

    ReplyDelete
  15. banyak banget yang lagi ngomongin cinta. lagi musim kali ya.. :D

    ReplyDelete
  16. cinta lagi cinta lagi... cinta itu satu dan selamanya :D

    ReplyDelete
  17. kok kayak makanan bisa basi, hehehe...
    salam kenal. sukses

    ReplyDelete
  18. kalau lihat cinta ini, jadi keingat sama cinta romeo dan juliet versi Habibie dan Ainun :)

    ReplyDelete
  19. Ngomong soal cinta, konon katanya cinta itu murni, murni itu emas, emas itu kuning, kuning itu tai, tai itu busuk, jadi cinta itu busuk seperti tai... , ;~D , maaf saya lg menikmati indahnya dicintai...

    ReplyDelete
  20. wah aku masih polos kang hahahahaa

    ReplyDelete
  21. Hoho, oh cinta cinta kadang suka kadang duka, tetap semangat!

    ReplyDelete
  22. Cinta memang berjuta rasanya. Ada rasa bahagia, ada rasa benci dan rasa2 lainnya. Semuanya lebar menjadi satu

    ReplyDelete
  23. cinta dapat merubah kaktus menjadi mawar... :D

    ReplyDelete
  24. cinta membuat saya ga mengerti apa² hehehe

    ReplyDelete
  25. cinta, berjuta rasa melebur jadi satu.
    cinta , berjuta kenangan jadi indah.
    salam

    ReplyDelete
  26. Cinta memang sulit diterangkan dengan kata-kata ya. Kadang ketika ada rasa yang datang, orang bisa jadi buta dan mengatakan bahwa itu cinta. Tapi cara orang menelaah cinta emang beda-beda. Yang pasti klo ada cinta, pasti juga ada rasa sakit hati... hehehe..

    ReplyDelete
  27. Cinta. Cinta.. Cinta... deritanya tiada akhir klo kata Pat Kay mah. hehehehe
    Beneran cinta mah ga bisa diduga duga datangnya :P

    ReplyDelete
  28. cinta..memang penuh misteri

    ReplyDelete
  29. cinta selalu menarik untuk di bahas yahh, mbak..
    meskipun kadang cinta itu miris..hehehe... ;p

    ReplyDelete
  30. poin menarik "Karenanya cinta tidak dapat diciptakan atau dibunuh" ....wah ini nantangin d'masiv kali ya, "cinta ini membunuhku" :lol:

    ReplyDelete
  31. wow.. dahsyat spektakuler fantastis bombastis ga pake bau amis.. mantap...

    tetep aja saya klo ditanya masih tetep bingung.. cinta itu sesuatu yang ngga bisa diraba - raba, tapi bisa dirasa *nah loh* ngga bisa diliat, tapi ternyata yang buta bisa bedain orang lagi jatuh cinta. :D

    menjauh dari cinta.. hmm kayaknya susah deh.. pa lagi buat cowok.. pasti pengennya lengket trus klo ada kesempatan.. *cinta laura* hahaii..

    ReplyDelete
  32. Tik2 air mataku...bicara tntang cinta...hee

    ReplyDelete
  33. tak akan ada habisnya bila kita cerita tentang cinta :)

    ReplyDelete
  34. love.....love... love....
    pokoke loooooove melulu.. :D

    ReplyDelete
  35. Like this! -> Cinta adalah hidup itu sendiri.

    ReplyDelete
  36. Cinta? Sampai kini masih belum bisa mendefinisikannya dengan tepat :)

    Kalau rindu, banyak banget yang saya rindukan hari ini...

    ReplyDelete
  37. wah nampaknya besar banget nie rasa rindu nya yach mbak...

    ReplyDelete
  38. sependapat dengan mbak isnuansa :D

    ReplyDelete
  39. pada akhirnya tidak ada yang pasti dari definisi cinta.. karena setiap orang bia mendefinisikan sendiri2. cinta memang hanya bisa di rasakan..
    kok sama ya? saya juga beberapa hari yang lalu menulis tentang pertanyaan untuk cinta hehe..

    ReplyDelete
  40. Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya..thx,slm persahabatan

    ReplyDelete
  41. ciih
    tumben nulis cinta-cintaan gini
    kata-katanya cewek banget
    akakakak

    lagi jacin ni yeeee
    cieeeeeeeee

    ReplyDelete
  42. wah, kadang susah juga ngobrolin masalah cinta. Nyerah ah gw. wkwkwk

    ReplyDelete