Saturday 30 April 2011

Gondongan di pagi hari...

Alhamdulillah, bisa ngeblog dirumah lagi, jadi gak perlu nyuri-nyuri waktu pas jam on air untuk update blog atau sekedar blog walking. Setelah sekian bulan mati suri akhirnya si lappy sembuh juga, emang butuh perawatan dan perhatian ekstra biar barang-barang kesayangan bisa awet dan tahan lama. Selama ini memang hanya bisa pake tapi selalu gak punya waktu buat perawatan.

Sore ini memang ada yang lain, hati saya senang karena lappy udah pulih, tapi kondisi fisik saya lagi gak fit, batuk-batuk yang udah 3 minggu saya idap gak kunjung sembuh, malah tambah satu penyakit lagi gondongan, parotitis, bengkak babi, atau apalah istilah lainnya, yang jelas sakit ini benar-benar gak enak. bengkak di bawah telinga sangatlah sakit bahkan untuk mengunyahpun nggak bisa.

Nggak tau dari mana asalnya, tadi pagi pas lagi on air, tiba-tiba ngerasa pusing, panas dan sakit disekitar telinga, bahkan ketika mengunyah nasi uduk sakitnya nggak ketulungan. tanya-tanya temen kantor, mereka bilang itu gejala bengkak babi. Ternyata memang bener, nggak nyampe setengah jam, bengkaknya makin gede, leher terasa sakit dan panasnya gak karu-karuan.

Seumur hidup baru kali ini kena penyakit ginian, malu, muka jadi kelihatan gemuk karena bengkak. Menurut Mbah Googgle, gondongan disebabkan oleh virus (paramyxovirus). Oleh karena itu, tidak dapat diobati dengan antibiotik. Gejala yang paling menonjol dari gondongan adalah pembengkakan disertai nyeri pada pipi bagian belakang di bawah telinga, baik satu atau kedua belah pipi. Pembengkakan ini terjadi akibat infeksi kelenjar ludah (parotis).

Ternyata demam dan sakit kepala hanya gejala awal penyakit ini. Inti sebenarnya adalah pembengkakan pada kelenjar ludah. Tepatnya di sekitar bawah telinga dekat pipi yang membuat wajah terlihat membesar. Penyakit ini gak ada obatnya, akan sembuh sendiri. Resep dokter hanya akan meringankan gejalanya. Panas dan pusing yang dirasakan sebelum pembengkakan.

Mesti sabar juga kali yah, anggep aja ini salah satu bentuk teguran dari Allah biar tetep jaga kesehatan,mudah-mudahan ntar malem udah nggak bengkak lagi, apa kata Mas Ajie, kalo dia lihat muka saya bengkak.

19 comments:

  1. Salam Takzim
    Hadir karena terpanggil, semoga kehadiran saya bisa menyembuhkan penyakit mbak Tary dan mampu melawan virus itu dari dalam, semoda semoga dan semoga
    Cepet sembuh ya mbak Tary, terima kasih atas panggilan jiwa itu dihalaman blog saya, semoga saya mampu untuk terus menengok mbak Tary kala senggang. Sekali lagi semoga cepet sembuh
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  2. mbak tari sakit ternyata, padahal laoptopnya juga baru aja smbuh, mungkin nular mbak..hehe..
    salam, smoga lekas smbuh

    ReplyDelete
  3. berbaring bentar, pejemin mata. itu nasehat guru, kali aja bisa ngobatin

    ReplyDelete
  4. emang lappy nya rusaknya kenapa?

    oh ya, kalau saya kecil dulu katanya disuruh kasih tinta tuh..... teman saya juga gitu katanya lho

    ReplyDelete
  5. Sibuk banget ya sampai ga bisa posting?

    ReplyDelete
  6. Cepat sembuh lho Mbak, biar menulisnya semangat lagi :).

    ReplyDelete
  7. mbaak Taryyy...
    yuhuuu.. kalao dulu aku pernah dikompres daon. daon nya warna ungu-ungu gitu.
    tapi lupa namanya apaan daonnya. kalau kata nya gak ada obatnya, dicoba dulu ajah itu daon nya, kali ajah bisa sedikit meredakan bengkak nya

    cepet sembuh yah mbakyu
    ;)

    ReplyDelete
  8. moga2 cepet sembuh yaaaa...

    ReplyDelete
  9. Waw... saya hanya bisa berkata, semoga cepat sembuh, Mbak Tary. :(

    ReplyDelete
  10. waduhhh.. yang sabar aja ya Mbak! trus jaga kesehatan juga!
    smoga cepet diberi kesembuhan, amin!

    ReplyDelete
  11. 13 tahun lalu, saya pun pernah mengalaminya :)

    ReplyDelete
  12. semoga cepet sembuh ya kak :)

    ReplyDelete
  13. Katanya dibaluri blao bisa sembuh ya?
    Hmm, semoga cepet sembuh ya and welcome back to blog world ;)

    ReplyDelete
  14. Sehat2 sajakah?
    Belum apdet lagi... :)

    ReplyDelete
  15. haha.. iya bener nih
    pernah denger cerita temen yg pernah gondongan katanya pake blao jg, coba deh smoga cepet sembuh ;)

    ReplyDelete
  16. sama kyk saya,skrng saya lg gondongan,ga enak bngt rasanya.13 October 2011 at 13:50

    sama kyk saya,skrng.ga enak bgt tav

    ReplyDelete
  17. Salam kenal aja deh jeng. ditunggu postingan nya yg lain. hee....he...he...

    ReplyDelete