Wednesday 31 March 2010

Ketika aku terperosok didalam kenangan

Banyak orang mulai bertanya, mengapa? Apa yang sedang terjadi padamu? Berusahalah…., come on…lupakan masa lalu, hidup harus menatap kedepan bukan malah berbalik kebelakang. Begitu banyak pertanyaan-pertanyaan yang belakangan ini mulai mengusikku. Aku sadari terkadang ingin aku sekali berteriak di hadapan mereka, tak ada yang mengerti jika kebosanan mulai menjajah sebagian dari diriku.

Barangkali apa yang menimpa aku sekarang adalah bukan yang aku rencanakan dahulu.

Inilah hidup, dia yang selama ini pernah menjadi bagian hidupku kini telah memiliki kisah hidup sendiri. Kisah hidup yang barangkali jauh berbeda denganku.

Pertemuan dengan seseorang yang pernah menjadi bagian dari kisahku… mau tidak mau membuat aku terlarut dan hanyut pada suatu ketika dimana aku pernah merasa sangat bahagia hingga akhirnya harus terhempas dalam kesedihan yang tidak pernah aku duga. I am fully aware of all that I can not forget.

Episode yang tak seharunya aku pertahankan, episode yang tak seharunya aku pupuk, episode yang seharunya aku keseampingkan, dengan mencari kelebihan dan jalan keluarnya.

Namun di episode ini aku benar-benar merasakan apa yang dikatakan frustasi…aku tak bisa membohongi diri betapa aku tak mengerti dan tak bisa menerima kenyataan pahit yang aku alami. Dan aku tau Tak ada alasan untukku menyakiti diri, tak ada alasan untukku menyakiti hati orang lain.

Yah, These are all memories … tak ada yang perlu di hapus dan diulang kembali sebenarnya, tetapi ketika aku mulai berpikir, melakukan penekanan-penekanan terhadap diri sendiri dan mulai berstimulasi dengan otakku, aku kembali terperosok ke dalam cerita masa lalu dan Dari seseorang ini aku bisa merasakan....betapa DISAKITI itu SAKIT....Tapi DICINTAI saja itu TIDAK CUKUP.

Begitu lama sudah aku jalani rasa tak percaya yang mendalam akan keberadaan ini akan membawa kebahagiaan di hatiku, dan nyatanya benar adanya.

Adalah sebuah ketidak puasan yang lama kupendam akan sebuah keadaan yang memaksa membawaku menjalani waktu demi waktu.

Tak seharunyakah ini kukeluhkan, tak seharusnyakah ini ku katakana. jika aku tak ingin seperti ini selamanya, aku ingin memiliki sesuatu yang bisa menjadikan hari menjadi terang, menjadikan terik menjadi teduh, menjadikan rasa takut menjadi nyaman,,

Ketidak mampuan untuk bersyukurkah diriku ini? Hingga saat ini belum mampu aku menerima apa yang sebenarnya terjadi dengan keadaan ini…hingga aku belum mampu menjadikan diriku menyatu, melebur, menempatkan diriku sepenuhnya pada kenyataan ini.

Dalam, semakin kugali semakin kutak menemukan jalan terang akan gelapnya keadaan yang telah menyeret banyak hati dan hanya janji-janji pahit yang setidaknya selalu membayangi hari-hari siapa saja yang menjalani kenyataan ini.

Sesaat memikirkan apa yang telah aku alami selama ini, setidaknya apa yang aku lakukan tidaklah semua bernilai dan berarti buat aku, aku kadang bahkan sering melakukan hal-hal bodoh, entah diluar keinginan atau aku sengaja dan aku sadari.

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa tak baik menyesali apa yang telah kita lakukan, namun menurutku membuat sebuah akhir yang manis dengan awal penyesalan adalah hal yang terindah dari sebuah proses kemenangan.

Kini seakan aku tak mampu lagi berucap kenapa, tak mampu lagu ku beralasan..bukan aku kehabisan kata, namun aku benar-benar tak tahu karena semua telah terjadi.

Andai aku dapat berhenti sejenak, kemudian memikirkan tentang kehidupanku, aku akan menyadari bahwa semua ingatanku walaupun mungkin terdiri atas beberapa decade, akan berarti sebagai perbincangan beberapa menit saja, apa yang pernah aku anggap penting atau yang benar-benar aku kejar atau yang coba aku hindari, kini semuanya adalah bagian dari masa lalu. Apapun yang mengingatkan aku pada pikiran-pikiran dan perasaan ini, itu hanyalah kenangan.

Dan kenangan itulah yang menjadikan aku merasakan berbagai proses daur ulang hidup....seperti tak ubahnya sebuah kendi yang dibentuk menjadi sebuah keramik indah, meski pada saat pembentukan keramik itu merasakan sakitnya dibakar supaya nanti jadi keramik yang tahan banting, perih ditusuk-tusuk pada saat diukir lalu di semprot cat yang membuat pedih lalu dikeringkan dan akhirnya jadilah sebuah keramik indah nan cantik.
yah...semoga, after dark, there will always be bright...

69 comments:

  1. wah ini tentang cowok lagi??

    ReplyDelete
  2. Tidak khawatir pada kenangan yang buruk atau kurang menyenangkan, membuat kita bisa melangkah lebih jauh di mana titik kegagalan pernah menyapa kita :)

    ReplyDelete
  3. Yang menjadi peganganku selama ini, Tar, adalah kepercayaanku terhadap ini:
    "Akan selalu ada langit yang cerah setelah badai."

    Jadi, air mata itu bakal selesai. Segala luka itu bakal berakhir. Kelak, entah kapan, kita akan melihat langit yang cerah itu.. Jangan memaksa diri untuk segera melihatnya, karena bukankah hal-hal yang indah itu baru akan datang tepat pada waktunya? :)

    Semangat, Tary... Semangat!

    ReplyDelete
  4. Yup, semoga. Semangat!

    Soal puisi "Janji Mentari" boleh saja dicopas
    Asal sertakan nama penulisnya, Achoey el Haris
    hehe :)

    ReplyDelete
  5. Semoga kenangan itu dapat menjadi pengalaman dan pelajaran berharga buat melangkah ke depan... :)
    Tary, bahkan kenanganpun dapat membuat hidup kita lebih berwarna, semangat ya!

    ReplyDelete
  6. jiah mellow abis dah...selamat anak muda, mbah cuma mendoakan ha ha ha *soktua

    salam hangat dari MALANG

    ReplyDelete
  7. jiah mba tary spertinya sedang dilema :)
    salam

    ReplyDelete
  8. blogwalking... salam blogger :D

    ReplyDelete
  9. Kita memang jangan mudah menyerah. Kita musti realistis plus optimis.
    Berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian ...

    ReplyDelete
  10. sabar sizt...hidup bukan untuk penyesalan tetapi melebihi kepada perbaiki keadaan :D

    salam hangat

    ReplyDelete
  11. wakzzz...komen saya di culik aki ismet :cry:

    ReplyDelete
  12. gpp sih terperosok, asal jangan terlalu dalam nanti hanya akan membawa duka :D

    ReplyDelete
  13. deuhh BJ pengalaman banget nehh :mrgreen:

    ReplyDelete
  14. tenang aja sis , Allah udah berjanji habis gelap terbitlah terang ,eh salah ya itu sih ibu kartini?? hehe

    nah ini yg bener : "sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS 94 : 6)

    dan kita juga emang gak pernah tau sesuatu itu baik atau buruk,makanya kita perlu tawakal dalam setiap kesulitan hidup :D

    "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui" (QS 2: 216)

    ReplyDelete
  15. untung gak terperosok kedalam got,hahahah....

    ReplyDelete
  16. Kenangan memang ndak bisa dihapuskan atau dilupakan, tapi ndak perlu juga selalu dingat-ingat. Biarlah dia berada di belakang, kita ndak usah berlama-lama di sana. Tapi, di saat kita menghadapi masalah di masa sekarang, ndak apa-apa untuk melihat sejenak kembali di belakang untuk mendapat sedikit bantuan solusi.

    Jangan sering terperosok, tary. Berdirilah, trus melangkah.. :)

    ReplyDelete
  17. Ya boleh saja terperosok asal jangan terlalu dalam tar tali yang deka lampar gak nyampai lagi untuk ngangkat tante tary nya. heheheh

    ReplyDelete
  18. terperosok boleh aja , tapi jangan terlalu dalam ya mbak. salam kenal dari bekasi

    ReplyDelete
  19. semangat2.....
    jangan patah semangatnya...

    ReplyDelete
  20. Kenangan dapat menjadi pelajaran kedepan, namun kita juga jangan tenggelam dengan kenangan.
    Salam

    ReplyDelete
  21. "daur ulang hidup" ;) Semangaaaat

    ReplyDelete
  22. kata orang-orang bijak sih kenangan2 itulah yang akan membentuk pribadi seseorang. jadi memorinya dipake aja, tapi buat menata masa depan. :D

    ReplyDelete
  23. kenap ih?
    lagi putus cinta ya?
    bahasanya jadi putus asa gitu

    ReplyDelete
  24. pasti ada kemudahan setelah ada kesulitan
    ada kebahagiaan setelah kesedihan

    jadi, semangat ya..
    hidup kalo gak ada up and down sepertinya kurang seru.

    :)

    ReplyDelete
  25. habis gelap terbitlah terang. ini kalo kata RA Kartini. tapi bener kok, mungkin kita bukanlah kita yang sekarang kalau tidak melewati semua masalah-masalah kehidupan yang ada

    ReplyDelete
  26. Waduhh... kata 'dia', "Bang, bumi selalu tenang setelah hujan..." semangat ya :)

    ReplyDelete
  27. Setiap kenangan mesti diambil manfaatnya dalam menempa ketegaran hati dan keteguhan diri, agar tidak terlalu terhanyut ataupun terperosok pada "jurang yang lebih dalam".
    SALAM Kenal...Terimakasih telah berkenan Berbagi Kata Bersama...

    ReplyDelete
  28. orang sabar akan menang... bersabarlah :D

    ReplyDelete
  29. Kadang, kenangan bisa jadi penyemangat hidup loh... :) So, keep moving forward ya..

    Aku yakin, kau bisa jadi 'keramik indah nan cantik' itu..

    ReplyDelete
  30. waktu yang akan menolongmu..
    kenangan itu, semuanya..kelak hanya hanya akan jadi sejarah yang membuatku tersenyum ;)

    ReplyDelete
  31. kayanya memang kita didesain seperti itu ya... disakiti itu sakit... tetapi dicintai saja tidak pernah cukup....

    setidaknya merasakan pahitnya sisi kehidupan bisa membuat kita lebih kuat... tetapi apabila kita terus berjuang saya yakin pasti manisnya dunia akan kita dapat.

    ReplyDelete
  32. waha kunjungan perdana mbak..
    salam kenal dl yach..
    blognya kren scrolling trs ada modelnya juga tuch hehe..
    kren2,..
    Sukses slalu!

    ReplyDelete
  33. semua kebaikan dan keburukan yg pernah kita lewati dlm hidup ini bukannya begitu indah untuk selalu di kenang... apapun yang kita pikirkan dan syukuri, kita akan mendapatkannya lagi... berbahagialah ... la tahzan.. love u..

    ReplyDelete
  34. Kenangan masa lalu bisa menjadi cerminan kita untuk melangkah ke kehidupan mendatang

    ReplyDelete
  35. Realistis optimis, salam sukses terus.

    ReplyDelete
  36. akankah kenangan itu bisa selalu tuk dikenang ataukah ingin dienyahkan, Ry??

    ReplyDelete
  37. kenangan adalah sesuatu yang jauh..,
    dan kenangan adalah sesuatu yang tak bisa terulang..,

    ReplyDelete
  38. tukeran link yuks.... :-) link anda sudah kami pasang diblogrool...

    ReplyDelete
  39. YANG PENTING JANGAN SAMPAI HILANG MBAK KENANGAN DIDALAM JIWA INI,,,, COZ terekadang kenangna itu bisa jadi hiburan buat kita..... :-)

    ReplyDelete
  40. Tary, coba lihat di halaman komentar ini. Begitu banyak yang menyayangi dan bersemangat untuk menyemangatimu. Apakah kamu akan biarkan dirimu tenggelam sendiri? Sangat disayangkan kalau begitu. Berbahagialah, karena kebahagiaan hanya bisa muncul dari dalam diri sendiri bukan karena orang lain, apalagi masa lalu.
    Coba baca tulisanku yang ini Tentang Masa. Semoga kamu kembali menjadi diri sendiri ya.

    ReplyDelete
  41. yah moga tar kenangane jadi sesuatu yang indah tanpa harus di bakar dan diukir2 kaya keramik :)

    ReplyDelete
  42. hati-hati tenggelam mbak :D


    pisssss

    ReplyDelete
  43. semua akan indah padda waktunya.. :)

    ReplyDelete
  44. tenggelam di air yang dangkal cee ga papa. tapi kalu tenggelam di air yang terlalu dalam itu baru papa .........hehhehehhe
    ga nyambung ya
    cooory
    berkunjung balik ya
    makasich
    salam kozzu

    ReplyDelete
  45. jangan terbelenggu masa lalu. masa lalu itu nggak bisa diraih lho.

    ReplyDelete
  46. jika kehidupan itu pantas diibaratkan sebagai sebuah kendi..
    rasanya.. berbagai tempaan yang membakar diri kita belumlah seberapa dibanding apa yang dilalui oleh kendi itu..
    tempaan yang terjadi... masih akan berlangsung,, dan kita haruslah siap dengan panas, pedih, perihnya tempaan itu..
    karena semakin keras tempaan itu... maka kendi itu akan semakin kokoh, kuat, penuh pesona..
    jika memang itulah prosesi hidup, tidak ada alasan untuk berhenti.

    ReplyDelete
  47. jika orang berkata hidup itu harus memilih itu cuman nyanyian lama, karna faktanya hidup adalah air yang mengalir tanpa sempat memberi waktu untuk memilih,,ketika kita akan menghabiskan waktu untuk memilih ribuan kejadian telah terjadi di sekitar kita dan untuk kita so lets do the spirit of life!!

    ReplyDelete
  48. kenangan itu tidak untuk dilupakan dan dihapus dari memori.. tp biarkan sebagai pengingat saja :D

    ReplyDelete
  49. Nggak apa-apalah Tary, sesekali terperosok dalam kenangan. Kan hanya terperosok, masih bisa bangun dan terus menjalani kenyataan kok :lol:

    ReplyDelete
  50. Jangan terlena dengan masa lalu, apalagi semu.. tataplah kedepan, maju dengan pasti..
    semangat.. :)

    ReplyDelete
  51. All Friend: saya haturkan ungkapan terima kasih yg sedalam-dalamnya untuk semua spirit yg diberikan untk saya, ada kalanya dimana kita merasa sedang berada di titik nadir yang paling rendah, kita merasa sangat sulit untuk menghadapi kehidupan. namun saya menyadari tidak selamanya saya harus terpuruk dan terbenam dengan kebosanan dan rasa ketidakpuasan dengan apa yg saya jalani saat ini. Alhamdulillah saya sangat bersyukur walau ribuan jarak memisahkan, meskipun kita tidak saling bertatapan dan mengenal satu sama lain, kehadiran teman-teman du dunia maya ini membuat saya sangat rindu dan sangat ingin berbagi lebih banyak lagi. terima kasih untuk spiritnya guys. love u so much...

    ReplyDelete
  52. Biarlah kenangan menjadi kenangan.. karena ketika kenangan mengingatkan sebuah luka dan membuat kita tak bisa berpaling menatap ke depan..... Wah berabe...

    Salam Kenal

    ReplyDelete
  53. tentang cowok dan cinta lagi ya mbak

    ReplyDelete
  54. kenangan...

    kalo lebih banyak nyakitinnya mendingan masukin ke kotak aja, trus kotaknya dikubur atau dibuang ke laut. gak gampang sih, tapi bisa kok.. :)

    ReplyDelete
  55. waw..tata bahasanya penuh makna
    semakin menarik..
    ahah modelnya ganti nech..

    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  56. masa lalu is mala lalu. biarlah kenangan tetap menjadi kenangan. tak perlu terperosok, karena masa depan yang lebih indah menanti didepan, dan kita harus terus berjalan menggapainya. tsaahhh... *sok tua*

    ReplyDelete
  57. yuk mari kita berdiri lagi.
    kadang pelan kadang cepat yg penting.
    jangan terperosok lagi yah Tar *termasuk buat saya sendiri nih :roll:*.
    palagi gara2 masa lalu :)

    ReplyDelete
  58. Sepertinya butuh seseorang atau sesuatu yg baru yg mengisi hatimu. Cie...

    ReplyDelete
  59. Jangan terlalu terperosok dalam kenangan... :(
    Tetap harus menatap masa depan. :)

    ReplyDelete
  60. taryy apa kabarrr? masa lalu jajanya gopek gak :)
    tary kalau nda sibuk ada ewods dari bri..diambil iaa...semangat ^o^

    ReplyDelete
  61. kenangan yang indah ya? semoga jadi pembelajaran di kemudian hari. good luck! :)

    ReplyDelete
  62. yang namanya kenangan tidak harus untuk dikenang.....

    ReplyDelete
  63. ehm

    kenangan ada saja yg sangat ulit dilupakan
    terlebih ...

    ReplyDelete
  64. ow dalem.. beruntung y kamu.. punya kenangan masa lalu berarti kamu punya arah sebagai proses pendewasaan diri..

    mungkin postinganku bisa di share..

    http://rullyeist.wordpress.com/2009/12/05/selamat-tinggal-masa-lalu-aku-kan-melangkah™/
    http://rullyeist.wordpress.com/2009/12/10/kenyataan-alam-imaginatif-dan-masa-lalu/

    -rully-

    ReplyDelete