Sunday 28 March 2010

Musik dan Kenangan

Ternyata music memberi pengaruh yang sangat besar dalam hidup gue, dari kecil gue udah dikenalin dengan berbagai jenis music sama orang tua gue. Sekarang ketika gue terjun langsung di dunia broadcasting, Dan lagi-lagi music becomes a part which never escape from my life. Lagi happy, lagi sedih music selalu jadi pelarian. Setiap hari, gue bisa mendengarkan music apa aja tergantung mood gue.

Banyak difinisi berbeda tentang music, tapi apapun itu, ternyata music bisa nyatuin segala perbedaan. Music bisa ngubah semua yang ada saat ini yang terjadi dalam kehidupan menyatu semuanya. Gimana musik tersebut bisa mengiringi perasaan, gerakan tubuh, dan mewakili kehidupan.

Musik mempunyai suatu misteri yang unik menurut gue, yaitu dari solmisasinya. Kita tau sendiri bahwa solmisasi hanya mempunyai 7 tangga nada yaitu do, re , mi, fa, sol, la, si, do. Anehnya dari 7 tangga nada tersebut bisa menghasilkan berjuta - juta lebih alunan musik yang dihasilkan.

Di dalam kehidupan sehari-hari, musik juga mempunyai peranan yang “cukup” penting. Pernah gak, loe ngedengerin suatu musik dan pada saat itu juga loe teringat sesuatu hal yang pernah loe lakukan beberapa saat yang lalu? Tidak menutup kemungkinan juga pernah menjadi inspirasi atau ilham dari kehidupan loe dan kisah cinta loe.

Dari beberapa orang yang gue kenal hampir rata - rata dapat merasakan hal kek gini, Ntah kenapa bisa terjadi, gue pun sulit mengerti dengan hal seperti ini. Seakan musik selain membuat suasana juga dapat menjadi daya pengingat terhadap suatu hal yang jarang kita pikirkan.

Terinspirasi dari hal tersebut, gue mencoba mengenang kembali lagu-lagu yang pernah memiliki arti dalam kehidupan gue.

• Still I’m Sure We’ll Love Again - Dewa 19
lagu kenangan waktu pertama kali mengenal seseorang dengan gitarnya dia memainkan lagu ini, dan sekali lagi menurut gue, cowok yang bisa memainkan gitar, adalah cowok yang paling top dech buat gue.


Tambahan, gue pernah baca, kalo gitar itu katanya dekat dengan lambang kejantanan pria. Jadi, kesannya cowok itu kalo main gitar, kesannya bisa gimana gitu, akustik: mulai dari cool, macho sampe romantis.

Gue pecinta music, tapi sayang nggak punya kemampuan dalam bermusik, hanya bisa menjadi penikmat music sejati aja. Gak satupun alat music yang bisa gue kuasain selain gitar, itupun masih yang nada-nada sederhana aja, gue inget lagu pertama yang gue maenin ketika pertama kali belajar gitar adalah lagunya “bunga” yang judulnya “kasih jangan kau pergi”.

Gue selalu punya kebanggaan sendiri bisa berteman dan ngumpul dengan temen-temen yang punya bakat dalam bermusik. Musik itu nggak egois dan kita harus bisa memainkan musik jangan malah kita yang dipermainkan musik. That way we can be a musician and music lovers with a brilliant mind, so the music can become part of our lives.

93 comments:

  1. hehehe aq juga banyak kenangan dengannya duluuuuuu banget, suka ma musik2 yg slow gtu...

    ReplyDelete
  2. kalo cowok penabuh drum gimana tuh kesannya? :)

    ReplyDelete
  3. Saya tidak mengikuti perkembangan musik sekarang..., jadinya ga punya banyak kenangan kalau mendengar musik-musik baru :D

    ReplyDelete
  4. Katanya nih, orang yang suka musik perasaannya halus...Tary gimana ;)
    Saya juga hanya sesekali mendengarkan musik, lebih milih membaca deh kayaknya...
    Tapi orang-orang di rumah saya, wuuiih, mereka pecinta berat musik!

    ReplyDelete
  5. I like that song too! Jadul banget ya...

    ReplyDelete
  6. Saya termasuk orang yang jadul soal musik *kok ujug-ujug ngomongin saya?* Salam kenal, kunjungan balasan ke ruang sahabat :)

    ReplyDelete
  7. hidup tanpa musik emang terasa kurang asik.
    aku juga suka musik, apalagi kalo sama lagu yg sesuai dengan suasana hati... mantab dah!!!

    ReplyDelete
  8. musik sekarang bisa diibaratkan gaya hidup. katanya juga musik bisa merubah jiwa seseorang. :D

    ReplyDelete
  9. Music yang menimbulkan kenangan atau kenangan yang membawa kita mendengarkan music ?
    Kayaknya agak beda selera nih, saya nggak suka lagu-lagu dewa.
    Saya lebih senang mendengarkan Ebiet G. Ade, Queen atau FireHouse.

    ReplyDelete
  10. hidup musikkk....oia mba..tema yyang ini gelap deh

    ReplyDelete
  11. benar sekali semuanya tentang musi......

    salam kenal dari ch0c0
    klu boleh tukaran link donk mbak....
    http://setitikkehidupan.wordpress.com/
    tan'x dah mau mampir di blog saya..

    ReplyDelete
  12. Wah, gue suka nih ama tulisannya karena gue jg pecinta musik sejati. Haahhaha,, paling seneng dengerin Beatles (untuk aliran popular namun berkualitas), Beethoven (untuk lagu yang bisa menatularisasi pikiran). Musik jazz juga menjadi musik favorite. Cb dengerin "Dave Koz"
    atau "Stanely Jordan" dah, bagus. :)

    kutip:
    "Musik itu nggak egois dan kita harus bisa memainkan musik jangan malah kita yang dipermainkan musik. That way we can be a musician and music lovers with a brilliant mind, so the music can become part of our lives."

    nah, pernyataan di atas itu sunggung membuat hati gue sedih. Pernyataan itu sangat benar sekali, tetapi gue ga melihat implikasi dari pernyataan itu di belantara musik indonesia zaman sekarang (ketika zaman situs jejaring sosial serta acara2 musik, seperti inbox di televisi sudah mewabah). Sekarang orang-orang yang mengaku sebagai musisi, lebih mementingkan profit sehingga rela diperbudak oleh produser dan industri (kapitalis).
    I HATE CAPITALISM!

    "Tan Malaka tidak menganggap Belanda, Inggris, Amerika dan Jepang sebagai musuh. Akan tetapi Pemimpin perjuangan revolusi kemerdekaan 100% itu sangat memusuhi kapitalis sehingga para kolonial dan penjajah bangsa-bangsa-baru adalah secara langsung maupun tidak langsung menjadi mushnya."

    ReplyDelete
  13. kalo soal musik.
    KENANGAN : ya jelas musik yang slow dan enjoy
    :D tapi kal osoal menyegarkan fikiran membangkitkan semangat :D harus butuh musik rock banget. misal : sistem of down, the offspring, metalica :D padahal ga ngerti sama sekali apa itu artinya :D yang penting enak didengar dan bisa jingkrak-jingkrak :D


    salam adem ayem mbak tari

    rumahnya :D sama catnya tapi beda hiasan mbak

    ReplyDelete
  14. cant live w/out musix

    lagu dewa yg itu salah 1 fav ku dari album2 lawas nya jaman dewa sama ari lasso

    cuma susah nyari mp3nya

    kalo punya mau donk ;)

    ReplyDelete
  15. Musik....musik....musik...
    Satu kata yang tidak asing bagi semua orang yang hidup didunia ini., maka dari itu pengertian dan makna stiap orang tentang musik itu sendiri pasti berbeda - beda.
    lam kenal ah jeng.....

    ReplyDelete
  16. klu musik aku suka yang jadul aja deh.. :p

    ReplyDelete
  17. "Ternyata music memberi pengaruh yang sangat besar dalam hidup gue"

    sama...
    dalam hidup saia juga

    mbak Taryy..
    mari tkeran blog
    maen lagi k tempatq yah

    ReplyDelete
  18. Wah sepertinya tary d permainkan musik y?
    -rully-
    www.rullyeist.wordpress.com

    ReplyDelete
  19. dgr music buat gw cuma buat pelepas rasa bosan dan penghilanh sterss.. klo lagu yg menggugah jiwa cuma lagunya opick.. semua judulnya siipp dah.. :D

    ReplyDelete
  20. music..., penghilang stress mbak..

    ReplyDelete
  21. penabuh drum oke juga tuh, gw punya temen yg jago banget maen drum nya....jadi ngefans bgt ma dia

    ReplyDelete
  22. ciee.....lagu apa flo, pastinya indah dan gak bisa terlupakan yah?? heheheh

    ReplyDelete
  23. saya suka musik juga suka baca mas bintang, musik memang udah jadi bagian dari diri saya. heheh

    ReplyDelete
  24. musik sekarang terlalu banyak, jadi kita juga sering lupa dan nggak begitu ngeh saking banyaknya, tapi pasti ada lah salah satu musik yg menginspirasi kamu.

    ReplyDelete
  25. makasih kunjungannya sapril, coba dech dengerin musik yg kamu suka, bisa ngilangin stress juga loh. terbukti

    ReplyDelete
  26. sepakat kang asep, lagu ini fav gw banget, apalagi ari lasso yg nyanyiin

    ReplyDelete
  27. bisa dibilang begitu, dan saya udah membuktikannya.

    ReplyDelete
  28. itu bukti kalo musik itu menjadi bagian dari dalam diri kita dan perasaa kita.

    ReplyDelete
  29. oke, lagi pengen yg dark gitu heheheh

    ReplyDelete
  30. itu musik kesukaan ayah saya juga mas, tapi saya juga suka lagu2nya ebiet, tenang dan natural banget

    ReplyDelete
  31. hmm...beattles gw juga suka, semua jenis musik gw suka termasuk jazz.
    memang kalo di perhatikan dunia musik kita sekarang aneh aja ya, banyak yg gak berkualitas tapi albumnya melejit. sorry, gw bukan pengamat musik tapi kalo dibandingin sama band2 di era 90-an kayak protonema, kla project dll, band2 sekarang musiknya gak mutu banget, baik dari segi musik juga lirik. tapi malah laku keras di pasaran. kayak band2 liran metal gitu (melayu total)

    ReplyDelete
  32. Iyo selalu didominasi sama gitar.... dan bass. Curang ._.

    btw kres dan mol nya kok nggak dihitung, itu nada yang tombolnya item2 diantara tuts putih hehehe.

    ReplyDelete
  33. yah seperti yg aku bilang tadi, kita bisa nikmatin musik itu tergantung mood masing2. nah kalo lagi happy denger musik mellow meringis gitu kan gak cocok ndie, heheheh
    tapi musik kamu sama dech seleranya ma aku.

    ReplyDelete
  34. yups bener banget depz, dewa 19 waktu masih ari lasso vokalisnya, keren bgt menurut gw. he eh susah cari MP3 nya, aku aja baru nemuin lagu ini di koleksi album lama di studio.

    ReplyDelete
  35. lam kenal juga banny, musik bisa menyatukan perbedaan itu.

    ReplyDelete
  36. boleh ntar kabarin kalo link nya udah di tencep ya :-)

    ReplyDelete
  37. hihihi...terkadang juga pernah...

    ReplyDelete
  38. koleksi opick juga salah satu favorit gw, tenang kalo udah dengerin suaranya, musik dan juga liriknya kadang bikin merinding

    ReplyDelete
  39. yg punya kenangan tersendiri buat aku cuma seseorang yang dengan keahliannya memainkan irama dari senar2 gitarnya, acungin jempol dech buat yg jago maen gitar. heheh mengenai kres dan mol, karena aku gak bisa memainkan musik jadi nggak ngeh juga fungsinya apa yg aku tau yah cuma doremifasollasido itu.

    ReplyDelete
  40. Diriku dah lama gak ngikutin lagi tentang dunia musik. Rasanya dah susah di resapi tuh musik ala sekarang. Jauh beda ama musik kala dulu.

    ReplyDelete
  41. Wah, kalo masalah kenangan sih... aku ingat pas jaman aku SD, lagi musim banget lagu2 Malaysia... :)

    ReplyDelete
  42. aku belajar maen gitar waktu smp dan lagu pertama adalah Anugerah Terindah Yang Pernah Ku Miliki by Sheila on 7 hehe
    soalnya kunci gitar nya cuma C G teruss sammpe selesai hehehe..
    bermain musik katanya bisa membantu otak kanan kita yang jarang bekerja :D

    oya boleh tukeran link mba/mas nih :D ?
    saya pasang di blogroll ya terma kasih

    ReplyDelete
  43. selamat pagi mba tari...?
    wah lgi kesem-sem dengan musik ya...apalagi lagunya menyentuh hati seseorang yang lagi kasmaran...salam kenangan terindah...

    ReplyDelete
  44. musik dan kenangan
    ehmmm jadi teringat band dan lagu kami saat muda dulu :)

    ReplyDelete
  45. Mmmh....Paling enak lagi kalo dengerin musik sambil ngiringin lagunya pake gitar atau alat musik yang kita pegang saat itu. Berasa kayak jadi salah satu personil band-nya... :-D
    Emang Tary ga ada yang mau ngajarin maen musik ya? :-)

    ReplyDelete
  46. musik bs jdi inspirasi buat bikin artikel, musik akan selalu dikenang sepanjang masa

    ReplyDelete
  47. wah eman ini aku gak bisa maen gitar
    hehehehe
    jadi gak keren ya

    ReplyDelete
  48. musik memang selalu menyenangkan, hidup tanpa musik sepertinya kurang lengkap.
    namun selera kita beda jauh banget ya , aku seleranya jadul banget ( sesuai dgn umur heehheh)
    lagu2 seperti dr Al Jureau, Queen, Manhattan Transfer, yg seperti itulah seleraku :)
    salam

    ReplyDelete
  49. saya juga pecinta musik, malah sering dikatain selara musik gw aneh, gak jelas, bodo ah yang penting gw bisa enjoy dengan musik yang gw denger, huahahahhaa

    kerja gak pake musik, beehhh kaya makan gak pake lauk *loh gak nyambung ye?hehee

    ReplyDelete
  50. kalo aku suka nya musik yg pelan yg bikin hati nyaman hehehe
    salam siang mba tary

    ReplyDelete
  51. brarti gue ga jantan dunk.. ga bisa maen gitar :lol:

    ReplyDelete
  52. duh..coba saya bisa maen gitar...pasti mbak tary jadi penggemar saya deh hehehe...*kidding*
    saya juga pecinta musik, apalagi musik klasik...
    kalo lagu kenangn apa yah??? mmmmmm.....*mikir lama* ahaaaa.. yup "Prom dis momen" nya sania tuain.. :mrgreen:



    salam, ^_^

    ReplyDelete
  53. ikut merasakan kenangan indah dgn lagu dewa 19 :D

    ReplyDelete
  54. setuju-setuju

    setuju-setuju

    setuju-setuju

    ReplyDelete
  55. Dan itulah kenapa, aku mencari calon suami yang bisa bermain musik.. Karena aku suka bernyanyi... Jadi biar makin romantiiisss.. hehehehehe

    ReplyDelete
  56. Tapi lagu Indonesia jaman sekarang kebanyakan malah bikin jengkel dan panas kuping. Lagu dan liriknya ndak seenak lagu-lagu tempo doeloe. Apalagi band-band yang banyak muncul sekarang ini. Doh! Ndak deh..

    Hehe..

    ReplyDelete
  57. musik mewarnai hidup....
    keren nih baju baru blognya :)

    ReplyDelete
  58. Setiap orang pasti punya musik kenangan ya. Saya juga, dan karena banyak banged, jadi ya ga bisa dilis semua. Bener katamu, musik itu tidak egois, jadi kita lebih mudah berteman dengan seseorang hanya krn satu selera dalam musik,

    ReplyDelete
  59. its matter of time...haha. ini lagu kesukaan saya juga :)
    Saya gitaris lo mbak :mrgreen:

    ReplyDelete
  60. Numpang komenk lgi siz...
    Ada oleh2 ala blogger bwt siz tary, diterima yoo

    ReplyDelete
  61. gitar jadi lambang kejantanan pria??

    *patahin gitar*

    ReplyDelete
  62. Huaaaa... kalo saya lagunya Naif yang banyak sekali merepresentasikan kehidupan saya... :D

    ReplyDelete
  63. iya beda banget mas, tapi ada yg berkualitas ada yg enggak. tergantung selera pendengar sih

    ReplyDelete
  64. heheheh sama, aku juga gitu..
    linknya udah di pasang thanks ya

    ReplyDelete
  65. iya inget2 kin, salah satu lagunya berjudul cinta itu buta wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  66. heheeh waktu muda dulu, kayak udah tua2 banget nih mas achoey

    ReplyDelete
  67. makasih farus udah lama ya nggak berkunjung

    ReplyDelete
  68. hihihih...nggak ada, belajar sendiri aja pake buku gitar

    ReplyDelete
  69. gak gitu sih, kalo bisa maen gitar kan punya nilai lebih maksudnya

    ReplyDelete
  70. sama sist aku juga gitu, tergantung mood lah

    ReplyDelete
  71. ayahku punya koleksinya juga bund :-)

    ReplyDelete
  72. hihihi.....sku gsk bilsng gitu ya

    ReplyDelete
  73. he eh....kayak bakwan gak pake toge gitu ya wkwkwkwk

    ReplyDelete
  74. wah kalo bisa maen gitar ajarin saya juga donk...
    shania twain oke juga saya juga suka lagu2nya

    ReplyDelete
  75. heheheh sepakat mbak, kali aja bisa jadi pasangan duet nantinya wkwkwkw

    ReplyDelete
  76. ya gitu deh mas agung, aneh ya

    ReplyDelete
  77. iya bener banget mbak, musik bisa buat kita lebih dekat.

    ReplyDelete
  78. bukan aku yg bilang loh, ini berdasarkan apa yg aku baca aja.

    ReplyDelete
  79. oke ntar di jemput ya, makasih adek

    ReplyDelete
  80. wah lagu naif itu keren banget loh

    ReplyDelete
  81. bagus tu kalimat terakhirnya "... so the music can become part of our lives" :D

    ReplyDelete
  82. Kakak.....

    Blogroll yg ini donk.
    Yg kemaren udah ga pernah ke urus.
    Dihapus aja gpp.

    ReplyDelete