Monday 16 August 2010

Minat banget


Annyeong!
Kemaren di status FB sempet bales-bales koment sama si Zam. Kebetulan belakangan ini gw keranjingan lagi sama serial drama korea. dulu addict banget dan sempet terhenti sebentar karena berbagai alasan. Dan belakangan ini gw mulai lagi beli beberapa film baru juga film lama yang belum sempet gw tonton.

Dari hobi nonton itu, gw jadi seneng denger orang ngomong bahasa korea, kayaknya seru aja ya kalo bisa nguasain banyak bahasa. Menurut gw selain bahasa Perancis yang terkenal seksi itu, bahasa Korea juga salah satu yang unik. Dikit-dikit gw mulai denger lagu-lagunya korea dan denger percakapan di film-film korea, gw jadi seneng ngucapin hamnida yang gw juga gak tau artinya apaan heheheh.
Menurut Zam, kalo pake -hamnida- itu utk bahasa resmi, biasanya untuk surat-menyurat resmi. kalo yang bahasa sehari-hari, pakenya yang -eyo-. si Zam juga kasih contoh kalimat kek gini

"Tari-ssi, anyeonghaseyo. i gu-neun Zamroni-yeyo.”

heheheh....Nggak tau juga sih artinya apaan.

Ternyata si Zam banyak tau tentang bahasa Korea, katanya dulu dia pernah nyusup kuliah bahasa Korea di FIB UGM.

motivasi nyusupnya karena pengen ngecengin cewek anak fakultas ilmu budaya, plus ketemu pengajarnya yg memang native Korean.

wkwkwkwk…. Gila, tapi keren juga dari iseng gitu bisa dapet ilmu juga.
Menurut si Zam juga Hangeul (huruf Korea) juga relatif lebih mudah dibaca, selain jumlahnya yg lebih sedikit (bahkan lebih sedikit daripada huruf latin). katanya juga tata bahasa Korea itu beda. bukan S-P-O tapi S-O-P.

misalnya, saya makan roti, di Korea saya roti makan.
heheheh janggal juga kaloo di bahasa kita.

Gw jadi minat belajar nih, kemaren masuk Gramed udah liat-liat buku belajar cepat bahasa korea, yang percakapan gitu. Kalo dilihat dari segi cara bacanya, agak lebih gampang dibandingkan mandarin. Menurut si zam juga vokal korea cuma mengenal a i u e o eu eo, konsonannya ya dibaca apa adanya. jadi kesannya kalo ngomong korea bisa sambil senam muka juga ya hahahahah....

Pokoknya pengen banget dah belajar Korea termotivasi karena pertama suka sama film and drama korea .. and suka banget ngikutin dialog para pemainnya, selain itu juga suka sama lagu2 korea n suka banget nyanyiinya, biar mau di kata aneh lah sok lah yg penting pede hehehe.

Nah dari itu semua gw penasaran sama bahasanya .. yang tadinya cuma pengen tau jadi pengen bener-bener di pelajarin ....Gue mang banyak maunya yah, dari mulai bahasa jawa, mandarin sampe korea dan satupun belom kelar-kelar hahahahahah…… kapan lagi mau belajar gw pikir, mumpung masih ada waktu. Kali aja bisa ke korea hah *ngarep…..
Moga aja nggak cuma anget-anget kue putu doang yang sebentar trus bosen. Kudu semangat and ngga bosen-bosennya belajar. Karna ga da yang langsung pinter hanya dengan belajar sekali-sekali. iya kan chingudeul. q(^o^)p


Annyeong~…

51 comments:

  1. alhamdulillah saya masih diselamatkan dari kecanduan pilem korea, lha saya liat tetangga sebelah itu sekali nonton dvd setumpul serial korea semua :lol:

    ReplyDelete
  2. jiyah! typo : maksudnya setumpuk *doh!*

    ReplyDelete
  3. waduh mas, sepertinya saya dah mirip tetangganya mas dech,

    ReplyDelete
  4. Wuaah.... ayo semangat... semangat... Semoga dalam waktu dekat bisa segera menguasai bahasa Korea, hehe....

    Kalau saya, bahasa Inggris aja nggak bisa-bisa. Jadi kalau ditambahin belajar bahasa yg laen, mungkin otak bakalan tambah kacau -_-"

    ReplyDelete
  5. Peminat film korea ya?? Salam kenal..., tukeran link yuk

    ReplyDelete
  6. sangat tertarik dg film korea.. tapi lebih susah mana ya belajar bahasa korea dari pada bahasa jepang??

    ReplyDelete
  7. hwaiting semanagat..
    Heheheh

    ReplyDelete
  8. hajar... mbak, belajar yang giat ya.. siapa tau nanti dapat cowo korea, trus bisa memperkenalkan kekayaan budaya negeri kita yang tercinta :D (goodluck)

    ReplyDelete
  9. wah kalo mudah untuk belajar bahasa korea , pengen juga seeh ikutan.

    ReplyDelete
  10. Korea? ooooo
    http://mp3gratisanbaru.wordpress.com/

    ReplyDelete
  11. Wah, kalau aku nggak terlalu suka drama korea. Tapi orang rumah pada suka semua tuh. Sampai pakai acara nangis2 segala :(

    ReplyDelete
  12. maaf banget kalo ditanya pake bahasa korea aku ngalah dah
    maklum ga bisa ribet....banget ngpmpngnya...

    ReplyDelete
  13. hadeeeuh.. kekna lucu juga kali ya..
    ane malah gak ngerti sama skali korean language..

    :)

    ngomong2 ini alumnus UGM juga ya? kok kenal sama mas Zam?

    ReplyDelete
  14. waaah..kalo saya malah keranjingan dorama jepang :D tp bukan yg romantis, saya suka yg sci-fi hihi..
    Annyeong Haseyo!

    ReplyDelete
  15. Wah sampai sekarang saya belum bisa pingin sich belajar, tapi ah... dukung mbak tary aja dech ;)

    ReplyDelete
  16. saya biasa nonton film korea di stasiun celestial movie. memang bener bahasa mereka kedengaran lucu dan juga unik ;)

    ReplyDelete
  17. saya sih gak begitu kecanduan ama film, biasa aja, kalo pengin ya nonton

    ReplyDelete
  18. Saya malah dah jarang banget nonton TV. Nonton TV paling saat menjelang maghrib mengikuti berita2 terkini.

    ReplyDelete
  19. Belajar bahasa itu penting lho nduk.
    Dengan broken English yang saya miliki ternyata mampu mengantarkan anak ndeso ini ke negara2 5 benua. he he he he.

    Sayangnya saya kok ya malas belajar bahasa daerah.
    Di Balikpapan 12 tahun kan harusnya bisa bahasa Banjar, di Cimahi 3 tahun harusnya bisa bahasa Sunda, di Palembang 6 tahun harusnya bisa bahasa Palembang, di India 11 bulan harusnya bisa bahasa Hindi dan di Namibia 9 bulan harusnya bisa bahasa Afrikaan.
    Namun nyatanya yang paling saya suka ya bahasa Indonesia dan Suroboyoan bae.

    Silahkan belajar bahasa apapun karena akan sangat bermanfaat nduk.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  20. sama ni ama si umy, demen drama korea...
    tapi kok aku gak suka yah?
    hihi

    ReplyDelete
  21. hehehe saking sering nonton film korea lama2 jadi bisa ngomong korea ya... :)

    btw gua sekarang lagi nonton shining inheritance. so far kita masih tertarik nih ama nih film. hehe.

    ReplyDelete
  22. bahasa jawanya udah lancar beluuum?

    ReplyDelete
  23. teringat kata dosenku.....
    semakin banyak menguasai berbagai bahasa..
    maka semakin manusia lah ia....
    selamat belajar bahasa korea....

    salam takzim....

    ReplyDelete
  24. Haha. Lucu juga ya. Jadi kalau, saya potong ayam, jadi saya ayam potong dong ya? Hahaah....

    Ayo belajar terus bahasa korea-nya. Siapa tahu nanti ada brand yang butuh ambassador yg bisa bahasa korea. Bisa jadi kan? Trs jj gratis ke Korea deh...

    ReplyDelete
  25. Wah, alhamdulilah sekali kalo gitu, tiap hari malah saya dapat omelan bahasa korea gratis, karena bos saya yang dari korea nggak bisa bahasa indonesia dan nggak lancar bahasa inggris

    ReplyDelete
  26. ayo terus semangat untuk belajarnya, biar bisa beneran terus kalo ntar ada kesempatan biar bisa nonton drama korea langsung dari negeri asalnya sono

    ReplyDelete
  27. aku orang yang beruntung karena enggak tertarik sama sekali sama film korea.. hohoho..

    ReplyDelete
  28. Annyeong Tary oNnie..
    K-pop aDdict here..
    K-drama l0ver jg..
    Paling dEmen dah dger yg bgnian, dger ada yang muLai minat. Mau ta bANTu supLay Lagu n varietY Show dr K0rea biar makin asik beLajarna? Hehehe.. Saya siapZ!
    K-p0p jJang!

    ReplyDelete
  29. doroma korea ya, mang lebih asyik daripada sinetron disini

    ReplyDelete
  30. Amien.... semoga bisa ke korea beneran mbak.... tapi jangan lupa oleh - olehnya. :D
    Tapi aku lebih minat ke bhs jepang mbal... meskipun aku gak bisa sam sekali. :D

    ReplyDelete
  31. semoga bahasa kita juga dikenal luas di korea, semoga ! :D

    ReplyDelete
  32. kalau udah bisa bahasa korea trus kapan ke korea nya buk de?

    ReplyDelete
  33. Ayo Semangat Mbak Tary... Belajar bahasa Korea, mungkin ntr2 bisa pergi ke Korea juga....

    ReplyDelete
  34. Ah, saya mending Jepang, Mbak... :|

    ReplyDelete
  35. huruf korea itu pasti ada bulet2 gtu ya mbak,,, :D

    ReplyDelete
  36. gak ada salahnya belajar kok, kak... semangat ya....
    kalo diseriusin nanti bisa loh,,,kan enak nanti sapa tau ada kesempatan ke korea jadi gak bingung lagi kalo ketemu cowok dan cewek korea yang cantikkk2 dan ganteng2
    hihi...

    salam akrab dari burung hantu

    ReplyDelete
  37. "Tari-ssi, anyeonghaseyo. i gu-neun Zamroni-yeyo." artinya "Tari, halo. Namaku Zamroni."

    -ssi itu mirip dengan -san di Jepang. panggilan "hormat" utk orang. :)

    ReplyDelete
  38. wah menarik juga tuk blajar ssuatu yg kita suka.. semangadh deh mbak.. kunjungan perdana nih.. salam kenal

    ReplyDelete
  39. waah suka film korea yaa. Boleh dong rekomendasinya :)

    ReplyDelete
  40. asyik juga ya belajar bahasa korea..
    dulu waktu masih kul di jogja.. juga sempet belajar bahasa korea..tapi trus berhenti karena males lagi hehhee....

    ReplyDelete
  41. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi
    yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    ReplyDelete
  42. korea yah, speed scandal film bagus tuh :p
    salam kenal yah

    ReplyDelete
  43. lama lama, lw berubah warna kulit dan rambut, kek orang korea *ihik

    ReplyDelete
  44. Annyeong chingu~~ Ntah chingu itu apa. Beberapa kata / kalimat bahasa Korea yang Ayas tau. Nan : Aku. Saranghae : Aku ... padamu :) . Sarang hal su itdamyeonMnecintaimu selamanya. Kayanya gitu deh. Terimakasih = Kamsahamnida itu juga. Ummmmm, Ayas berminat juga sih. N alhamdulilah udah bisa baca hangeul :) Ayo sama-sama belajar ^^

    ReplyDelete
  45. nanti kalau udah bisa, ajarin saya y mbak. ntar saya ajarin balik bahasa sunda. heuehu... :D

    ReplyDelete
  46. bunda ikut memberikan semangat utkmu Tary,
    mempelajari berbagai bahasa itu memang sangat baik sekaligus menyenangkan.
    Semoga semangat belajar bhs.koreanya tetap terjaga ,amin
    salam

    ReplyDelete
  47. 아이구... 타리씨....
    나도 그래...
    한국 드라마 과 한국어를 너무 촣아요... ㄱㄱㄱㄱ
    Tentu saja akasara Korea jauh lebih gampang dibanding kanji :D

    ReplyDelete